Peran Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Membentuk Karakter Islami Masyarakat Tamansari Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember

Handayani, Siti (2018) Peran Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Membentuk Karakter Islami Masyarakat Tamansari Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Handayani_ 084141075.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pemimpin mempunyai kedudukan paling penting dalam sebuah komunitas, kelompok masyarakat, berbangsa dan bernegara. Hal ini tidak akan aman, maju, terarah jika tidak adanya seorang pemimpin. Maka kata kunci keberhasilan suatu bangsa dan negara adalah terletak pada seorang pemimpin. Pemimpin yang mampu memberi rasa aman, tentram dan mampu mewujudkan cita-cita rakyatnya adalah sosok pemimpin yang berhasil dalam kepemimpinanya Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana peran kepemimpinan kepala desa sebagai pemimpin dalam membentuk karakter Islami masyarakat Desa Tamansari Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember ? 2. Bagaimana peran kepemimpinan kepala desa sebagai pembina dalam membentuk karakter Islami masyarakat Desa Tamansari Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember ? 3. Bagaimana peran kepemimpinan kepala desa sebagai pembimbing dalam membentuk karakter Islami masyarakat Desa Tamansari Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember ? Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala desa sebagai pemimpin dalam membentuk karakter Islami masyarakat Desa Tamansari Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. 2. Mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala desa sebagai pembina dalam membentuk karakter Islami masyarakat Desa Tamansari Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember 3. Mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala desa sebagai pembimbing dalam membentuk karakter Islami masyarakat Desa Tamansari Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskripif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik yaitu: a) Observasi; b) Wawancara; c) Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun hasil dari penelitian ini antara lain sebagai berikut: 1. Peran kepemimpinan kepala desa sebagai pemimpin dalam membentuk karakter islami masyarakat adalah a). Sebagai pemimpin harus melayani dengan baik terhadap masyarakat untuk membiasakan sikap tolong menolong kepada orang lain b). bertanggungjawab terhadap kepemimpinannya dalam menjaga masyarakatnya c). sebagai pemimpin memiliki visi yang pasti yang bernuansa keislaman 2. Peran kepemimpinan kepala desa sebagai pembina dalam membentuk karakter islami masyarakat adalah a) memberikan arahan untuk selalu menutamakan ibadah b). menjadi teladan yang baik untuk selalu menjaga silaturahmi terhadap masyarakat melalui kegiatan pengajian c). mengajarkan arti keimanan kepada Allah melalui kegiatan istighosah. 3. Peran kepemimpinan kepala desa sebagai pembimbing adalah a) memperkuat rasa keasatuan kelompok masyarakat melalui kegiatan rutin bermusyawarah b). mengarahkan masyarakatnya agar mau bekerja sama dalam hal kebaikan c). memberikan contoh tinglah laku yang benar agar masyarakat mempunyai akhlak yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:26
Last Modified: 24 Mar 2023 08:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20921

Actions (login required)

View Item View Item