Upaya Penanaman Karakter Disiplin Di Lingkungan Ma’had Putri Al-Hidayah Pattani, Thailand Selatan.

Furqoniyah, Iflakhah (2015) Upaya Penanaman Karakter Disiplin Di Lingkungan Ma’had Putri Al-Hidayah Pattani, Thailand Selatan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IFLAKHAH FURQONIYAH_084 111 089.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah berbagai upaya telah dilakukan oleh pihak pengurus Ma’had Al-Hidayah Pattani, Thailand Selatan untuk mendisiplinkan santri putri tetapi realitasnya masih terjadi berbagai pelanggaran yang dilakukan oleh santri di Ma’had Putri Al-Hidayah Pattani, Thailand Selatan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1). Bagaimana upaya penanaman karakter disiplin melalui keteladanan di lingkungan Ma’had Putri AlHidayah Pattani, Thailand Selatan?, (2). Bagaimana upaya penanaman karakter disiplin melalui pembiasaan di lingkungan Ma’had Putri Al-Hidayah Pattani, Thailand Selatan?, (3). Bagaimana upaya penanaman karakter disiplin melalui hukuman di lingkungan Ma’had Putri Al-Hidayah Pattani, Thailand Selatan?. Dari fokus penelitian tersebut, tujuan dalam penelitian ini adalah: (1). Untuk mendeskripsikan upaya penanaman karakter disiplin melalui keteladanan di lingkungan Ma’had Putri Al-Hidayah Pattani, Thailand Selatan. (2). Untuk mendeskripsikan upaya penanaman karakter disiplin melalui pembiasaan di lingkungan Ma’had Putri Al-Hidayah Pattani, Thailand Selatan. (3). Untuk mendeskripsikan upaya penanaman karakter disiplin melalui hukuman di lingkungan Ma’had Putri Al-Hidayah Pattani, Thailand Selatan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Untuk pengumpulan data skripsi ini menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Dari data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Dalam penelitian ini menghasilkan temuan yaitu: (1). Upaya penanaman karakter disiplin melalui keteladanan di lingkungan Ma’had Putri Al-Hidayah Pattani, Thailand Selatan yaitu dilakukan dengan memberikan contoh-contoh yang baik seperti sikap kasih sayang kepada santri, lemah lembut dalam bertutur kata dan konsisten, antara perkataan dan perbuatan berjalan sinergis. Tetapi masih ada santri yang melakukan pelanggaran dan tetap mengulangi melakukan pelanggaran. (2). Upaya penanaman karakter disiplin melalui pembiasaan di lingkungan Ma’had Putri Al-Hidayah Pattani, Thailand Selatan yaitu dilakukan dengan pemberian dorongan atau pujian dan pemberian teguran secara bijaksana. Bentuk penanaman karakter disiplin melalui pembiasaan yaitu dengan pemberian nasehat, kajian kitab dan shalat berjamaah. (3). Upaya penanaman karakter disiplin melalui hukuman di Ma’had Putri Al-Hidayah Pattani, Thailand Selatan meliputi hukuman fisik dan non fisik. Hukuman di Ma’had Putri Al-Hidayah Pattani, Thailand Selatan memiliki beberapa tingkatan hukuman yaitu (1). Pemberian nasehat. (2). Membersihkan kamar mandi atau masjid. (3). Pukulan dengan rotan sebanyak 3x-10x di bagian kaki. (4). Memanggil orang tua. (5). Dikeluarkan dari Ma’had Putri Al-Hidayah Pattani, Thailand Selatan. Penerapan hukuman yang dilakukan sudah baik tetapi hukuman yang ada masih belum mampu mengatasi pelanggaran santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0599 other environmental sciences > 059999 Environmental Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:26
Last Modified: 24 Mar 2023 08:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20922

Actions (login required)

View Item View Item