Upaya Mewujudkan Masyarakat Gemar Membaca melalui Pengadaan Perpustakaan Desa (Studi Kasus di Desa GugutRambipuji-Jember)

Munawaroh, Siti (2018) Upaya Mewujudkan Masyarakat Gemar Membaca melalui Pengadaan Perpustakaan Desa (Studi Kasus di Desa GugutRambipuji-Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Munawaroh_084141217.pdf

Download (29MB)

Abstract

Desa Gugut merupakan desa yang memiliki perpustakaan yang diberi nama dengan perpustakaan desa. Perpustakaan desa ini terletak di balai desa Gugut. Perpustakaan desa ini merupakan perpustakaan yang hadir sebagai bentuk bagian dari perpustakaan provinsi. Fokus penelitian yang di teliti dalam skipsi ini adalah: 1) Apa tujuan dari mewujudkan masyarakat gemar membaca melalui pengadaan perpustakaan desa (studi kasus di Desa Gugut-Rambipuji-Jember)? 2) Bagaimana pelaksanaan dalam mewujudkan masyarakat gemar membaca melalui pengadaan perpustakaan desa (studi kasus di Desa Gugut-Rambipuji-Jember)? 3) Bagaimana strategi untuk mewujudkan masyarakat gemar membaca melalui pengadaan perpustakaan desa (studi kasus di Desa Gugut -Rambipuji-Jember)? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan apa tujuan dari mewujudkan masyarakat gemar membaca melalui pengadaan perpustakaan desa (studi kasus di Desa Gugut-Rambipuji-Jember), untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan dalam mewujudkan masyarakat gemar membaca melalui pengadaan perpustakaan desa (studi kasus di Desa GugutRambipuji-Jember), untuk mendeskripsikan bagaimana strategi mewujudkan masyarakat gemar membaca melalui pengadaan perpustakaan desa (studi kasus di Desa Gugut-Rambipuji-Jember). Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitiannya menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunkan analisis data deskriptif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lalu keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunkan triangulasi yakti triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah a) Tujuan dari mewujudkan masyarakat gemar membaca melalui pengadaan perpustakaan desa (studi kasus di Desa Gugut-Rambipuji-Jember), yakni: untuk memotivasi masyarakat agar lebih gemar membaca dan untuk meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia) baik dalam bidang umum maupun agama. b) Pelaksanaan dalam mewujudkan masyarakat gemar membaca melalui pengadaan perpustakaan desa (studi kasus di Desa Gugut-Rambipuji-Jember), yakni: pelaksanaannya di laksanakan dari hari Senin sampai Jum’at, mulai dari jam 08.00-13.00. Peminjaman buku di lakukan dengan menggunakan KTP. Pengelolaa koleksi bukunya serta pelayanan dilakukan oleh Seketaris Desa Gugut dibantu oleh pegawai yang lain. c) Strategi untuk mewujudkan masyarakat gemar membaca melalui pengadaan perpustakaan desa (studi kasus di Desa Gugut-Rambipuji-Jember), diantaranya adalah: a. sosialisasi secara langsung kepada masyarakat, b. melalui pengajian umum dan neon books.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:26
Last Modified: 24 Mar 2023 08:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20923

Actions (login required)

View Item View Item