Nafisah, Imro'atun (2015) Implikasi Permainan Tradisional Dakon Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di PAUD Puspa Melati Sempusari Kaliwates Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Imro’atun Nafisah_084 111 164.pdf Download (3MB) |
Abstract
Permainan tradisional Dakon adalah salah satu cara guru untuk menanamkan penguasaan konsep angka pada anak usia dini yang meliputi menyebutkan lambang bilangan secara urut, mengelompokkan angka yang sama dan banyak lagi supaya anak dapat mengintegrasikan antara pengetahuan dan pengalaman-pengalaman pada saat mereka membangun konsep-konsep baru. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana implikasi permainan tradisional dakon terhadap social knowledge anak usia dini di PAUD Puspa Melati Sempusari Kaliwates Jember, bagaimana implikasi permainan tradisional dakon terhadap logic mathematic knowledge anak usia dini di PAUD Puspa MelatiSempusari Kaliwates Jember, bagaimana implikasi permainan tradisional dakon terhadap physical knowledge anak usia dini di PAUD Puspa Melati Sempusari Kaliwates Jember. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implikasi permainan tradisional dakon terhadap social knowledge anak usia dini di PAUD Puspa Melati Sempusari Kaliwates Jember, mendeskripsikan implikasi permainan tradisional dakon terhadap logic mathematic knowledge anak usia dini di PAUD Puspa Melati Sempusari Kaliwates Jember, mendeskripsikan implikasi permainan tradisional dakon terhadap physical knowledge anak usia dini di PAUD Puspa Melati Sempusari Kaliwates Jember. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, sedangkan dalam menentuan informan menggunakan purposive sampling, pengumpulan data menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi non partisipan, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Untuk menganalisa data menggunakan analisis deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan data yang diperoleh melalui penelitian yang kemudian dilanjutkan dengan penyajian data dan analisis data peneliti dapat menyimpulkan bahwa implikasi permainan tradisional Dakon terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di PAUD Puspa Melati Sempusari, Kaliwates, Jember sebagian guru sudah mengupayakan dalam hal mengenalkan huruf dan angka 1-10 biasanya menggunakan alat peraga seperti kartu angka, anggota tubuh serta alat peraga lain yang ada di PAUD Puspa Melati. Namun upaya yang telah dilakukan tersebut belum mencapai hasil yang diharapkan karena guru dituntut untuk senantiasa membuat inovasi dalam pembelajaran, supaya anak tidak merasa bosan dan jenuh. Untuk itu guru mengupayakan pengenalan huruf dan angka melalui salah satu permainan tradisional yaitu Dakon. Dengan langkah ini diharapkan anak dapat mengembangkan social knowledge, logic mathematic knowledge dan physical knowledge tanpa mengabaikan dunia anak yaitu dunia bermain. Berangkat dari hal tersebut peneliti dapat menyimpulkan beberapa hal sebagai berikut: digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id vii 1. Implikasi Permainan Tradisional Dakon Terhadap Social Knowledge Anak Usia Dini Di PAUD Puspa Melati Sempusari Kaliwates Jember, dari data yang diperoleh dapat dijelaskan bahwa implikasi permainan tradisional dakon terhadap social knowledge anak usia dini sangat membantu guru untuk mengajarkan konsep huruf dan bilangan 1-10. 2. Implikasi Permainan Tradisional Dakon Terhadap Logic Mathematic Knowledge Anak Usia Dini Di PAUD Puspa Melati Sempusari Kaliwates Jember, dari data yang diperoleh dapat dijelaskan bahwa setelah adanya permainan tradisional Dakon diterapkan di PAUD Puspa Melati, muncul kemajuan yang signifikan, dari menyebutkan angka 1-10 menghitung urut 1-10 itu lebih cepat dimengerti oleh anakanak. 3. Implikasi Permainan Tradisional Dakon Terhadap Physical Knowledge Anak Usia Dini Di PAUD Puspa Melati Sempusari Kaliwates Jember, dijelaskan bahwa untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengurutkan bilangan 1-10 perlu pengelolaan dan alat bantu yang inovatif, dengan adanya permainan tradisional Dakon, maka anak lebih bebas melakukan gerakan memegang keping Dakon.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 24 Mar 2023 08:26 |
Last Modified: | 24 Mar 2023 08:26 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20928 |
Actions (login required)
View Item |