Pembiasaan Membaca Juz Amma Dalam Upaya Memperbaiki Bacaan Al-Qur'an Di Mi Al-Muawanah 2 Barurejo Siliragung Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018

Jazilah, Umi (2018) Pembiasaan Membaca Juz Amma Dalam Upaya Memperbaiki Bacaan Al-Qur'an Di Mi Al-Muawanah 2 Barurejo Siliragung Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Umi Jazilah_084138017.pdf

Download (7MB)

Abstract

W Al-Muawanah 2 Barurejo, madrasah ini adalah salah satu madrasah yang letaknya dekat dengan TPA seperti AL-Hidayah 4, Hidayatun Nasyiin, Nuriil Huda, Al-Khoiriyah, Miftahul Huda yang menggunakan metode Qiraati, Yanbua, Iqra, Baghdadi dan Annahdiyah. Dan W Al-Muawanah 2 adalah madrasah yang telah terakreditasi "A". Tetapi sangat minim dari segi mctkhorijul huruf, sifatul huruf, dan ilmu tajwidnya ---P:olrusp€n€litiannya adalah 1 )Bagaimana. ---pelaksanaan-----kegiatan pembiasaan membaca juz ammma dalam upaya memperbaiki bacaan Al-Qur'an di MI Al- Muawanah 2 Barurejo SilirAgung Banyuwangi?. 2)Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam pembiasaan membaca Juz Amma dalam upaya memperbaiki bacaan Al-Qur'an di W Al- Muawanah 2 Barurejo SilirAgung Banyuwangi?. Penelitianinidilakukandengantujuan: Mendeskripsikanpelaksanaankegiatan pembiasaanmembacaJuzAmmadalam upaya memperbaiki bacaan Al-Quran di W Al-Muawanah 2 Barurejo, Mendeskripsikanfaktorpendukungdanpenghambat pembiasaan membacaJuzAmmadalamupaya memperbaiki bacaan Al-Quran di MI AlMuawanah 2 Barurejo. . Penelitianinimenggunakan pendekatankualitatifpeneliti melakukan analisis data untuk menyelesaikan lebih lanjut dari penelitian dengan teknik analisis data yang dipilih dalam penelitian ini maka menggunakan deskripsi kualitatif dengan menganalisis data yang telah peneliti kumpulkan dari observasi, wawancara dan dokumentasi selama peneliti melakukan penelitian.lebihbanyakmenelitihal-hal yang berhubungandengankehidupansehari-hari. Pendekatankualitatiflebihlanjutmementingkanpada proses daripadahasilakhir, ol ehkarenaituurut-urutankegiatandapatberubahubahtergantungpadakondisi danbanyaknyagej ala-gejala yang ditentukan Pelaksanaan Pembelajaran membaca juz amma berlangsung dari jam 5.45- 06-30, para siswa memulai proses tersebut diawali dengan membaca surat Alfatihah, An-Naba sampai An-Naas kemudian diulang- ulang proses pembacaan juz Amma tersebut dan apabila sudah jam 06.25 anak yang bertugas membaca Asmaul Husna pertanda pelaksanaan sholat duha akan dimulai. Hal ini berdampak pada peningkatan kecerdasan intelektual, peserta didik terbukti dari nilai ujian akhir sekolah W 2 ini selalu mendapatkan peringkat-· yaiigmembanggakan, dan guru yang inovatif dalam penyampaian materi, di sisi lain ada beberapa faktor yang menghambat pembelajaran antara lain ketidakseragamanmetodepembelajaran pada masing-masing guru, kurangnyapenekananpadamateridasar, sepertifiqih, ulumulqurandantajwid, belumterkontrolnyabatas-bataspembelajaranmelaluikisi-kisisecarabaik, pemberian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:26
Last Modified: 24 Mar 2023 08:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20931

Actions (login required)

View Item View Item