Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Menghitung Weton Pernikahan menurut Masyarakat desa Sukorejo Bangorejo Banyuwangi.

Aristamaya, Vivi (2019) Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Menghitung Weton Pernikahan menurut Masyarakat desa Sukorejo Bangorejo Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Vivi Aristamaya_084141437.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Islam, Tradisi menghitung Weton Pernikahan. Bagi masyarakat Jawa pernikahan bukan hanya sekedar menyatukan dua insan dalam bingkai rumah tangga, namun lebih dari itu, pernikahan merupakan ritual manusia dalam kehidupan sosial sebagai bagian dari ekspresi kemanusiaannya. Salah satunya adalah dengan menghitung weton pernikahan kedua calon mempelai. Weton adalah hari lahir masing-masing calon mempelai guna melihat kecocokan dan masa depan pernikahan. Tradisi menghitung weton pernikahan sampai saat ini masih dipraktekkan oleh mayoritas masyarakat desa Sukorejo, meskipun masyarakat mayoritas beragama Islam. Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana nilai akidah dalam tradisi menghitung weton menurut masyarakat Islam di desa Sukorejo Bangorejo Banyuwangi? 2) Bagaimana nilai ibadah dalam tradisi menghitung weton menurut masyarakat Islam di desa Sukorejo Bangorejo Banyuwangi? 3) Bagaimana nilai akhlak dalam tradisi menghitung weton menurut masyarakat Islam di desa Sukorejo Bangorejo Banyuwangi? Tujuan Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan nilai akidah dalam tradisi menghitung weton menurut masyarakat Islam di desa Sukorejo Bangorejo Banyuwangi. 2) Untuk mendeskripsikan nilai ibadah dalam tradisi menghitung weton menurut masyarakat Islam di desa Sukorejo Bangorejo Banyuwangi. 3) Untuk mendeskripsikan nilai akhlak dalam tradisi menghitung weton menurut masyarakat Islam di desa Sukorejo Bangorejo Banyuwangi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif, penentuan subyek penelitian dalam penelitian ini menggunakan field research, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik serta analisi data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut: 1) Nilai-nilai akidah yang terdapat dalam tradisi menghitung weton pernikahan menurut masyarakat desa Sukorejo Bangorejo Banyuwangi yang pertama Iman kepada Allah Kedua iman kepada kitab dimana tersurat dalam Q.S Yunus ayat 5 dan Q.S AL-Israa’ ayat 12. 2) Nilai-nilai ibadah Di dalam Islam dalam menentukan pasangan harus mempertimbangkan harta, nasab, kecantikan dan agamanya, ini merupakan butki ikhtiyar dalam Islam. 3) Nilai-nilai akhlak yang terdapat dalam tradisi menghitung weton pernikahan menurut masyarakat desa Sukorejo Bangorejo Banyuwangi yang pertama nilai akhlak kepada Allah ini terdapat pada pelaksanaan tradisi menghitung weton dalam pernikahan sebagai ikhtiyar dalam menuju pernikahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:26
Last Modified: 24 Mar 2023 08:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20933

Actions (login required)

View Item View Item