Penerapan Strategi Inquiry dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqh di MI Miftahul Hidayah Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2014/2015

Mukholisah, Khilma Ilmayatul (2015) Penerapan Strategi Inquiry dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqh di MI Miftahul Hidayah Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Khilma Ilmayatul Mukholisoh_084 111 268.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendekatan inquiry merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagaian ggota keluarga dan masyarakat.Pembelajaran inquiry adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Dilakukan dengan melibatkan komponen-komponen inquiry yakni: konstruktivism (Construktivism), bertanya (Questioning), dan masyarakat belajar (Learning Community). Fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana penerapan strategi inquiry dalam meningkatkan prestasi belajar Fiqh di MI Miftahul Hidayah Tegalsari, Banyuwangi Tahun Pelajaran 2014/2015. Sub Fokus Penelitian 1) Apa saja komponen-komponen dalam penerapan strategi inquiry dalam meningkatkan prestasi belajar Fiqh di MI Miftahul Hidayah Tegalsari, Banyuwangi Tahun Pelajaran 2014/2015? 2) Bagaimanakah strategi penerapan inquiry dalam meningkatkan prestasi belajar Fiqh di MI Miftahul Hidayah Tegalsari, Banyuwangi TahunPelajaran 2014/2015? 3) Bagaimana hasil pelaksanaan strategi inquiry dalam meningkatkan prestasi belajar Fiqh pada aspek kognitif di MI Miftahul Hidayah Tegalsari, Banyuwangi Tahun Pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan komponen-komponen dalam penerapan strategi inquiry dalam meningkatkan prestasi belajar Fiqh 2) Untuk mendeskripsikan strategi penerapan inquiry dalam meningkatkan prestasi belajar Fiqh 3) Untuk mendeskripsikan hasil pelaksanaan strategi inquiry dalam meningkatkan prestos ibelajar Fiqh pada aspek kognitif. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa komponen-komponen inquiry ada tiga yaitu Construktivism, Questioning, Learning Community. Penerapannya yaitu dengan pembelajaran berbasis masalah, bertanya, dan memberikan aktivitas kelompok. Hasil dari penerapan yaitu dengan prestasi aspek kognitif, dengan pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:27
Last Modified: 24 Mar 2023 08:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20934

Actions (login required)

View Item View Item