Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa Melalui Seni Kaligrafi (Tahsin Al-khaţ) di SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar Jember Tahun Ajaran 2017/ 2018.

Rahma, Zakya (2018) Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa Melalui Seni Kaligrafi (Tahsin Al-khaţ) di SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar Jember Tahun Ajaran 2017/ 2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zakya Rahma_084 141 212.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Seni Kaligrafi (Tahsin Al-khaţ) Kemampuan menurut Poerwadarminta marupakan kesanggupan, kecakapan dan kekuasaan sedangkan menulis dalam arti khaţ merupakan proses menulis dalam bentuk aksara dengan baik dan benar. Secara keseluruhan, kemampuan menulis berarti kesanggupan peserta didik dalam menulis aksara yang memiliki nilai keindahan. Proses dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa sering terjadi dari proses pembelajaran, yang diberikan oleh orang tua dirumah sampai pembelajaran yang diberikan oleh guru disekolah. Seperti halnya pembelajaran seni kaligrafi (Tahsin Al-khaţ), yang mana pembelajaran ini memperkenalkan bentuk-bentuk huruf tunggal, letak-letaknya dan cara-cara merangkainya menjadi sebuah tulisan yang tersusun atau apa-apa yang tersusun diatas garis-garis, bagaimana cara menulisnya dan menentukan mana yang perlu tidak ditulis, mengubah ejaan yang perlu diubah dan menentukan cara bagaimana untuk mengubahnya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Apa metode yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui seni kaligrafi (Tahsin Alkhaţ) di SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar Jember? 2) Apa evaluasi yang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui seni kaligrafi (Tahsin Al-khaţ) di SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui metode yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui seni kaligrafi (Tahsin alkhaţ) di SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar. 2) Untuk mengetahui evaluasi yang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui seni kaligrafi (Tahsin al-khaţ) di SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan menulis siswa melalui seni kaligrafi (Tahsin al-khaţ) terjadi melalui pembelajaran didalam kelas dengan menggunakan perpaduan metode demonstrasi dan metode latihan (Drill). 2) Peningkatan kemampuan menulis siswa melalui seni kaligrafi (Tahsin al-khaţ) terjadi melalui evaluasi dari guru, hal ini terlihat ketika guru mengoreksi tulisan kaligrafi (Tahsin Al-khaţ) siswa dengan cara setoran (berhadapan langsung oleh guru secara bergiliran) membuat siswa lebih paham lagi dalam memperbaiki tulisannya, tulisan kaligrafi (Tahsin Al-khaţ) siswa lebih bagus dari sebelumnya setelah dikoreksi oleh guru dengan memperhatikan goresan tiap huruf yang meliputi kepanjangan huruf, kemiringan huruf dan ketinggian huruf, dengan begitu penulisan kaligrafi (Tahsin Al-khaţ) siswa terlihat lebih indah lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:27
Last Modified: 24 Mar 2023 08:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20935

Actions (login required)

View Item View Item