Implementasi Pendidikan Agama Islam bagi Anak dalam Keluarga Jama’ah Tabligh Dusun Dawuhan Desa Suco Lor Kecamatan Maesan kabupaten Bondowoso tahun 2017

Ni'mah, Lailatun (2017) Implementasi Pendidikan Agama Islam bagi Anak dalam Keluarga Jama’ah Tabligh Dusun Dawuhan Desa Suco Lor Kecamatan Maesan kabupaten Bondowoso tahun 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lailatun Ni’mah_084 131 119.pdf

Download (23MB)

Abstract

Pendidikan agama Islam merupakan salah satu hal yang penting bagi kehidupan kita terutama pendidikan bagi anak yang berkenaan dengan moral, iman, mental, jasmani, dan rohaninya. Dalam hal ini keluarga menjadi awal tumbuh kembang anak untuk selanjutnya menuju pendidikan di sekolah maupun di masyarakat. Oleh sebab itu, keluarga mempunyai kewajiban untuk memenuhi semua hak dari anak agar dapat berkembang dengan baik dan orang tua juga memiliki peranan dalam keluarga baik ayah ataupun ibu, terutama dalam pendidikan agama Islam agar dapat mengarahkan fitrah anak ke arah yang benar, sehingga akan terwujud genarasi penerus yang berakhlakul karimah serta selalu mengimplementasikan ajaran-ajaran Islam dalam kehidupannya. Fokus penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana implementasi pendidikan akidah bagi anak dalam keluarga Jama’ah Tabligh di dusun Dawuhan Desa Suco Lor Kec. Maesan Kab. Bondowoso tahun 2017? (2) Bagaimana implementasi pendidikan ibadah bagi anak dalam keluarga Jama’ah Tabligh di Dusun Dawuhan Desa Suco Lor Kec. Maesan Kab. Bondowoso tahun 2017? (3) Bagaimana implementasi pendidikan akhlak bagi anak dalam keluarga Jama’ah Tabligh di Dusun Dawuhan Desa Suco Lor kecamatan Maesan kabupaten Bondowoso tahun 2017?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan implementasi pendidikan akidah bagi anak dalam keluarga Jama’ah Tabligh di Dusun Dawuhan Desa Suco Lor Kec. Maesan Kab. Bondowoso tahun 2017. (2) Mendeskripsikan implementasi pendidikan ibadah bagi anak dalam keluarga Jama’ah Tabligh di Dusun Dawuhan Desa Suco Lor Kec. Maesan Kab. Bondowoso tahun 2017. (3) Mendeskripsikan implementasi pendidikan akhlak bagi anak dalam keluarga Jama’ah Tabligh di Dusun Dawuhan Desa Suco Lor Kec. Maesan Kab. Bondowoso tahun 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Dan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) implementasi pendidikan akidah bagi anak dalam keluarga Jama’ah tabligh dimulai dari fase pra-konsepsi, pre-natal, dan periode post-natal dengan metode pembiasaan dan cerita. (2) implementasi pendidikan ibadah bagi anak dalam keluarga Jama’ah tabligh dengan pembiasaan serta mencontohkan ibadah kepada anak sejak usia dini. (3) implementasi pendidikan akhlak bagi anak dalam keluarga Jama’ah tabligh yakni akhlak terhadap Allah SWT mereka mengajarkan untuk selalu bergantung kepada Allah SWT. Akhlak kepada sesama menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda, dan menghargai teman sebaya. Akhlak terhadap lingkungan dengan membiasakan menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:27
Last Modified: 24 Mar 2023 08:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20938

Actions (login required)

View Item View Item