Pengaruh Remedial Teaching Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Aliyah Ma’arif NU Kencong Tahun Pelajaran 2013/2014.

Arnani, Lina (2014) Pengaruh Remedial Teaching Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Aliyah Ma’arif NU Kencong Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LINA ARNANI_084 101 036.pdf

Download (2MB)

Abstract

Proses dan hasil belajar merupakan dua aspek yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Pada proses belajar terjadi suatu kegiatan yang mengakibatkan perubahan tingkah laku bagi individu yang melakukannya. Remedial teaching dalam proses belajar mengajar dianggap penting karena mempunyai maksud dan tujuan yang penting pula, yaitu untuk memberikan bantuan yang mencakup perlakuan pengajaran maupun bimbingan untuk mengatasi kesulitan atau kegagalan yang dialami peserta didik, sehingga para peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dapat mencapai tingkat penguasaan yang telah ditetapkan sebelumnya. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adakah pengaruh remedial teaching terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran AlQur‟an Hadits di Madrasah Aliyah Ma‟arif NU Kencong tahun pelajaran 2013/2014. Sedangkan tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui adakah pengaruh remedial teaching terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits di Madrasah Aliyah Ma‟arif NU Kencong tahun pelajaran 2013/2014. Untuk menentukan jumlah responden menggunakan teknik sampling proportional stratified random sampling yaitu teknik pengambilan sampel secara secara berkelompok-kelompok yang mempunyai susunan bertingkat dan berstrata, tiap-tiap strata memperhatikan imbangan atau proporsi dan sewaktu mengambil sampel menggunakan randomisasi. Sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan metode angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisa statistic korelasi product moment, dengan rumus sebagai berikut: Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode tersebut, maka diperoleh kesimpulan umum yaitu ada pengaruh rendah remedial teaching terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran AlQur‟an Hadits di Madarasah Aliyah Ma‟arif NU Kencong tahun pelajaran 2013/2014. Sedangkan kesimpulan khusus dari penelitian ini terdapat dua hal, yaitu : (1) ada korelasi rendah remedial teaching terhadap peningkatan prestasi belajar siswa ranah kognitif pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits di Madarasah Aliyah Ma‟arif NU Kencong tahun pelajaran 2013/2014, dan (2) tidak ada pengaruh remedial teaching terhadap peningkatan prestasi belajar siswa ranah psikomotorik pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits di Madarasah Aliyah Ma‟arif NU Kencong tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:27
Last Modified: 24 Mar 2023 08:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20940

Actions (login required)

View Item View Item