Pelaksanaan Administrasi Kurikulum dalam Proses Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Al-Kautsar Sumbersari Srono Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020

Hidayah, Lumkhatul (2020) Pelaksanaan Administrasi Kurikulum dalam Proses Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Al-Kautsar Sumbersari Srono Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lumkhatul Hidayah_T20163001.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: administrasi pelaksanaan kurikulum, proses pembelajaran Administrasi kutrikulum merupakan seluruh proses kegiatan yang direncanakan dan diusahakan secara sengaja dan bersungguh-sungguh serta pembinaan secara kontinyu terhadap situasi belajar mengajar serta efektif dan efisien demi membantu tercapainya tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Administrasi kurikulum terdiri dari kegiatan perencanaan hingga evaluasi, pada fungsi pelaksanaannya MTs Al-Kautsar mempersiapkan berbagai hal sebelum melaksanakan proses pembelajaran, beberapa pendidik memiliki jam mengajar di lembaga lain yang berada dibawah satu yayasan tetapi seharusnya tidak menjadi masalah besar bagi lembaga yang telah mendapatkan akreditasi A dari BANSM ini. Fokus penelitian didalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan administrasi kurikulum mengenai kegiatan yang berhubungan dengan guru di MTs Al-Kautsar Sumbersari Srono Banyuwangi? 2) Bagaimana pelaksanaan administrasi kurikulum meengenai kegiatan yang berhubungan dengan siswa di MTs Al-Kautsar Sumbersari Srono Banyuwangi? 3) Bagaimana pelaksanaan administrasi kurikulum mengenai kegiatan yang berhubungan dengan tenaga kependidikan di MTs Al-Kautsar Sumbersari Srono Banyuwangi?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan administrasi kurikulum mengenai kegiatan yang berhubungan dengan guru,2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan administrasi kurikulum mengenai kegiatan yang berhubungan dengan siswa, 3) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan administrasi kurikulum mengenai kegiatan yang berhubungan dengan tenaga kependidikan. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut di atas, penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif untuk menjelaskan tentang kegiatan administrasi kurikulum yang berkaitan dengan tugas pendidik, peserta didk, dan tenaga kependidkan, metode penentuan sumber data dalam skripsi ini adalam dengan menggunakan metode purposive, sedangkan metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Dalam keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) kegiatan yang berkenaan dengan tugas guru terdiri dari, distribusi jam atau beban mengajar bagi guru, pembuatan RPP serta mengisi jurnal mengajar guru, 2) kegiatan yang berkenaan dengan tugas peserta didik adalah disiplin mengikuti mengikuti jadwal pelajaran serta mengikuti bimbel, 3) kegiatan yang berkenan dengan tugas tenaga kependidikan adalah memastikan ketersediaan dan kesiapan seluruh perangkat pembelajaran yang akan digunakan oleh guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:27
Last Modified: 24 Mar 2023 08:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20942

Actions (login required)

View Item View Item