Pengaruh Kecerdasan Terhadap Perilaku Belajar Siswa MTs Miftahul Ulum Wirowongso Ajung Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.

Ubaidillah, M. (2015) Pengaruh Kecerdasan Terhadap Perilaku Belajar Siswa MTs Miftahul Ulum Wirowongso Ajung Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. Ubaidilllah_084104021.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kecerdasan dapat diartikan sebagai kesempurnaan akal budi seseorang yang diwujudkan dalam suatu kemampuan untuk memperoleh kecakapan-kecakapan tertentu dan untuk memecahkan suatu persoalan atau masalah dalam kehidupan secara nyata dan tepat. Jadi, kecerdasan merupakan kemampuan yang terdapat di dalam diri seseorang yang nantinya akan menjadi untuk membantu orang tersebut dalam menyelesaikan segala hal yang berhubungan dengan aktivitas dan kehidupan sehari-harinya. Dalam hal ini, kecerdasan ternyata dapat memberikan pengaruh signifikan dalam membentuk pola atau perilaku belajar siswa. Semakin tinggi kecerdasan seseorang maka semakin tinggi pula pengaruhnya terhadap periaku belajar siswa baik hal itu berhubungan dengan intensitas dan model belajar maupun lainnya. Identifikasi beberapa masalah telah menghasilkan rumusan masalah yang pada hakikatnya hal tersebut merupakan inti dari penelitian yang akan diteliti. Rumusan masalah tersebut adalah 1) Adakah pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku belajar siswa MTs Miftahul Ulum Wirowongso Ajung Jember tahun pelajaran 2014/2015? 2) Adakah pengaruh kecerdasan spiritual terhadap perilaku belajar siswa MTs Miftahul Ulum Wirowongso Ajung Jember tahun pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini merupakan target pencapaian yang diharapkan setelah dilakukan penelitian diantaranya adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku belajar siswa MTs Miftahul Ulum Wirowongso Ajung Jember tahun pelajaran 2014/2015. 2) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual terhadap perilaku belajar siswa MTs Miftahul Ulum Wirowongso Ajung Jember tahun pelajaran 2014/2015. Di dalam memaparkan dan mengolah data penelitian yang diperoleh di lapangan, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Kemudian datanya bersifat penelitian sampel yakni stratified proporsional random sampling dengan cara undian. Sementara dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan kuesioner, interview, observasi dan dokumenter. Yang terakhir adalah analisis data. Dalam hal ini peneliti menggunakan analisis Chi Kwadrat sebagai alat untuk mengetahui ada pengaruh atau tidak antara variabel X dengan Y. Setelah itu, untuk mengetahui tingkatan pengaruh diantara kedua variabel tersebut, peneliti menggunakan Koefisien Kontingensi (KK). Dengan demikian, dari beberapa hal yang telah dipaparkan di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa 1) ada pengaruh yang sedang kecerdasan emosional terhadap perilaku belajar siswa MTs Miftahul Ulum Wirowongso Ajung Jember tahun pelajaran 2014/2015. 2) ada pengaruh yang rendah kecerdasan spiritual terhadap perilaku belajar siswa MTs Miftahul Ulum Wirowongso Ajung Jember tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:27
Last Modified: 24 Mar 2023 08:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20945

Actions (login required)

View Item View Item