Strategi Internalisasi Nilai-nilai Rukun Iman Pada Anak Autis di Taman Kanak-kanak Inklusi Star Kid’s Jember

Mahanani, Mifta Ayudyas (2015) Strategi Internalisasi Nilai-nilai Rukun Iman Pada Anak Autis di Taman Kanak-kanak Inklusi Star Kid’s Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MIFTA AYUDYAS MAHANANI_084 111 026.pdf

Download (1MB)

Abstract

Akidah Islam (Aqidah Islamiyah) selalu ditautkan dengan rukun iman yang menjadi asas seluruh ajaran Islam. Kedudukannya sangat sentral dan fundamental karena menjadi asas dan sekaligus gantungan segala sesuatu dalam islam, juga menjadi titik tolak kegiatan muslim. Meyakini rukun iman, adalah meyakini sesuatu yang sifatnya assam’iyaat, karena tidak dapat dicapai oleh akal semata, namun manusia yang hidup senantiasa ingin tahu dan harus tahu bagaimana kepercayaan yang harus diyakininya. Kepercayaan itu harus kuat dan benar, sehingga dapat mendorong jiwa pada perilaku positif. Autis merupakan suatu gejala neurologis,disfungsi neurobiologis, dimana seseorang tidak dapat mengenal diri sendiri, apatis, intelegensi di bawah ratarata, dan tidak paham dengan hakikat segala sesuatu (agama,Tuhan dan tujuan penciptaan-Nya). Implikasinya adalah seringkali mereka frustasi, berperilaku negatif dan tantrum. Oleh karena itu, diperlukan strategi khusus dalam menginternalisasikan nilai-nilai rukun iman untuk mengganti perilaku negatif menjadi kebiasaan positif, sehingga anak autis dapat mengetahui dan menjalankan pokok-pokok sebagai seorang muslim( berperilaku positif ). Fokus penelitian adalah:1) Apa nilai-nilai rukun iman yang diinternalisasikan pada anak autis di Taman Kanak-kanak Inklusi Star Kid’s Jember?,2)Bagaimana strategi guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai rukun iman pada anak autis di Taman Kanak-kanak Inklusi Star Kid’s Jember?,3)Bagaimana hasil internalisasi nilainilai rukun iman terhadap perilaku anak autis di Taman Kanak-kanak Inklusi Star Kid’s Jember?. Tujuan penelitian ini adalah:1)untuk mendeskripsikan nilai-nilai rukun iman yang diinteralisasikan pada anak autis,2)untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai rukun iman pada anak autis,3) untuk mendeskripsikan hasil internalisasi nilai-nilai rukun iman terhadap perilaku anak autis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Tekhnik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan metode observasi (observation), wawancara mendalam (indepth interview) dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan Milles dan Hubberman. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Semua pokok materi rukun iman mulai dari iman kepada Allah, iman kepada malaikat, iman kepada kitab, iman kepada Rasul, iman kepada hari kiamat dan iman kepada qahda dan qadar diajarkan pada anak autis dengan penggambaran nyata.2) Berdasar assesment yang dilakukan, sekolah melihat jika karakteristik dan gangguan pada masing- masing individu autis berbeda. Untuk itulah kepala sekolah, guru pendamping dan guru mata pelajaran bersama- sama mengkombinasikan strategi wajib dengan strategi khusus(therapy). Adapun strategi yang dipakai adalah ceramah, drill, penyederhanaan materi, menyanyi, bermain dengan benda, permainan sosial kooperatif, pemberian contoh, applied behavioral Analysis, visual, son rise, cognitive behavior, brussing and join compression dan lovas. 3)Hasil penginternalisasian nilai-nilai rukun iman memberi pengaruh terhadap kebiasaan berperilaku positif anak autis pada batasan tertentu, walaupun sifatnya tidak permanen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:28
Last Modified: 24 Mar 2023 08:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20948

Actions (login required)

View Item View Item