Penerapan Sistem Bagi Hasil pada Koperasi Simpan Pinjam syariah Karya Utama Tamansari Bondowoso Menurut Perspektif Ekonomi Islam

Hasim, Moh. (2017) Penerapan Sistem Bagi Hasil pada Koperasi Simpan Pinjam syariah Karya Utama Tamansari Bondowoso Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOH. HASIM_ 083 122 101.pdf

Download (28MB)

Abstract

Gagasan ekonomi Islam, menurut para penganjurnya dimaksudkan sebagai alternatif terhadap sistem ekonomi kapitalis dan sosialis yang bukan saja dianggap tidak sejalan dengan ajaran Islam. Namun juga gagal memecahkan berbagai problem ekonomi yang sedang dihadapi dalam zaman dewasa ini dan melahirkan ketidakseimbangan dalam perkembangan ekonomi. Sistem ekonomi Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits ini diharapkan dapat mencegah ketidakadilan dalam penerimaan dan pembagian sumber-sumber materi. Agar dapat memberi kepuasan pada semua manusia dan memungkinkan mereka menjalankan kewajiban kepada Allah dan masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan sistem bagi hasil Al Musyarakah pada Koperasi Simpan Pinjam Syariah Karya Utama Tamansari Bondowoso menurut perspektif ekonomi Islam? dan (2) Bagaimana penerapan sistem bagi hasil Al Mudharabah pada Koperasi Simpan Pinjam Syariah Karya Utama Bondowoso menurut perspektif ekonomi Islam? Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Ingin mendeskripsikan penerapan sistem bagi hasil Al Musyarakah pada Koperasi Simpan Pinjam Syariah Karya Utama Tamansari Bondowoso menurut perspektif ekonomi Islam dan (2) Ingin mendeskripsikan penerapan sistem bagi hasil Al Mudharabah pada Koperasi Simpan Pinjam Syariah Karya Utamsa Tamansari Bondowoso menurut perspektif ekonomi Islam Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah : metode interview, observasi, dan dokumenter. pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologis dimana seorang peneliti berusaha mamahami arti peristiwa dan kaitan-kaitannya terhadap orang-orang biasa dalam situasi-situasi tertentu, dan yang diterapkan dalam pendekatan fenomenologis adalah aspek subjektif dari prilaku orang Berdasarkan hasil penelitian, maka kesimpulan dari skripsi ini adalah : (1) Penerapan sistem bagi hasil Al Musyarakah pada Koperasi Simpan Pinjam Syariah Karya Utama Tamansari Bondowoso menurut perspektif ekonomi Islam sudah dilakukan, di mana aplikasi pembiayaan musyarakah belum sepenuhnya relevan atau sesuai dengan konsep, karena ketika terjadi kerugian pada usaha KSPS Karya Utama tidak menanggung resiko kerugian karena meminta pengembalian pinjaman pokok dan (2) Penerapan sistem bagi hasil Al Mudharabah pada Koperasi Simpan Pinjam Syariah Karya Utama Tamansari Bondowoso sangat jarang dilakukan oleh pihak koperasi, sehingga anggota yang mengajukan untuk meminjam dengan fasilitas mudharabah, oleh pihak KSPS Karya Utama Tamansari Bondowoso dialihkan ke sistem musyarakah. Hal ini dilakukan untuk menghindari kegagalan bagi usaha yang dijalankan oleh anggota sehingga menyebabkan kredit macet, dan pihak koperasi tidak mau menanggung kerugian tersebut sendirian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012717 al-‘Ariyah (Pinjam-meminjam)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:28
Last Modified: 24 Mar 2023 08:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20949

Actions (login required)

View Item View Item