Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kencong Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan.

Asari, Moh. Hasyim (2015) Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kencong Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOH. HASYIM ASARI_084 101 096.pdf

Download (966kB)

Abstract

Pendidikan merupakan sistem dan cara meningkatkan kualitas hidup manusia dalam segala aspek kehidupan di dunia. Pendidikan mempunyai peranan penting dalam menentukan kemajuan sebuah Negara. Karakter adalah watak, tabiat, akhlak, atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan (virtues) yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak. Dewasa ini Bangsa Indonesia tengah dilanda oleh rusaknya karakter pendidikan pelajar, karena banyak para pelajar yang melakukan budaya contek menyontek dan tawuran serta tidak adanya kedisiplinan yang di miliki oleh setiap pelajar. Disini peran instansi pendidikan, lingkungan dan pengawasan dari orang tua sangat memperngaruhi tingkat karakter pelajar, karena majunya suatu bangsa di lihat dari karakter yang di miliki setiap individu atau pelajar. Adanya keselarasan antara pentingnya kedisiplinan dan pendidikan karakter mampu memberikan sesuatu yang bernilai tinggi terhadap aspek pelajar, agar pelajar lebih memahami arti tentang “Pentingnya Kedisiplinan Dan Pendidikan Karakter Bagi Pelajar”. Berangkat dari latar belakang di atas, maka peneliti mengangkat judul “Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Di SMA Negeri 1 Kencong Jember Tahun Pelajaran 2014/2015”. Adapun fokus penelitiannya adalah bagaimana pendidikan karakter disiplin sekolah di SMA Negeri 1 Kencong Jember? Dan bagaimana pendidikan karakter disiplin kelas di SMA Negeri 1 Kencong Jember? Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bagaimana pendidikan karakter disiplin sekolah di SMA Negeri 1 Kencong Jember dan bagaimana pendidikan karakter disiplin kelas di SMA Negeri 1 Kencong Jember. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumenter. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan trianggulasi metode. Dari penelitian tersebut terungkap bahwa: 1. Dalam mengimplementasikan disiplin sekolah di SMA Negeri 1 Kencong. Dilakukan dengan membuat aturan sekolah dan aturan kelas dan diberlakukannya sanksi terhadap pelanggaran aturan tersebut. 2. Dalam mengimplementasikan pendidikan karakter disiplin kelas di SMAN 1 Kencong dilakukan dengan memberikan bimbingan yang dilakukan oleh guru saat pembelajaran. Dan memberikan contoh suri tauladan yang baik terhadap peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:28
Last Modified: 24 Mar 2023 08:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20950

Actions (login required)

View Item View Item