Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 2 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2014/2015

Thobi'in, Moh. (2015) Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 2 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh. Thobi’in_084 091 129.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sebagai elemen penting dalam dunia pendidikan, guru dituntut untuk memiliki kemampuan dan kompetensi keguruan. Terlebih dalam era perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat dalam era globalisasi ini. Karena guru adalah orang yang memiliki tugas serta tanggung jawab dalam proses pembelajaran, maka banyak persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorang guru, yang dalam istilah Moh. Uzer Usman disebut dengan kompetensi profesionalisme guru Berdasarkan gambaran persoalan tersebut maka dalam penelitian ini peneliti memfokuskan pada dua kajian, yaitu fokus penelitian dan sub fokus penelitian. Fokus penelitian beriri tentang: bagaimana profesionalisme guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 2 Banyuwangi tahun pelajaran 2014/2015? Sedangkan Sub fokus penelitian berisi tiga point yaitu : 1) bagaimana profesionalisme guru dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 2 Banyuwangi tahun pelajaran 2014/2015? 2) bagaimana profesionalisme guru dalam meningkatkan hasil belajar afektif siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 2 Banyuwangi tahun pelajaran 2014/2015? 3) bagaimana profesionalisme guru dalam meningkatkan hasil belajar psikomotorik siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 2 Banyuwangi tahun pelajaran 2014/2015? Adapun tujuan penelitian ini ada dua, yaitu tujuan umum dan khusus. Tujuan umum adalah untuk mendeskripsikan profesionalisme guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 2 Banyuwangi tahun pelajaran 2014/2015, sedangkan tujuan khusus adalah 1) untuk mendeskripsikan profesionalisme guru dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 2 Banyuwangi tahun pelajaran 2014/2015, 2) untuk mendeskripsikan profesionalisme guru dalam meningkatkan hasil belajar afektif siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 2 Banyuwangi tahun pelajaran 2014/2015, 3) untuk mendeskripsikan profesionalisme guru dalam meningkatkan hasil belajar psikomotorik siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 2 Banyuwangi tahun pelajaran 2014/2015. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut dalam penulisan skripsi ini, peneliti menggunakan prosedur penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif karena penelitian ini bertujuan untuk menguraikan tentang sifat-sifat (karakteristik) suatu keadaan dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Dalam penelitian ini memperoleh dua kesimpulan, yaitu kesimpulan umum dan khusus. Kesimpulan umum yaitu: profesionalisme guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 2 Banyuwangi tahun pelajaran 2014/2015 dapat dikatakan baik. Karena dari pihak kepala sekolah, tenaga pendidik dan waka kurikulum mempunyai tugas dan peran masing-masing dalam menigkatkan hasil belajar siswa, dari adanya indikator- digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix indikator yang menjadi acuan dalam melaksanakannya. Sedangkan kesimpulan umum berisi : 1) penilaian aspek kognitif meliputi pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis dan evaluasi. Dengan cara pengukuran tingkat keberhasilan melalui soal tanya jawab pilihan ganda, portofolio, uraian, soal lisan, dan sebagainya. 2) penilaian aspek afektif meliputi sikap terhadap materi pelajaran, sikap terhadap guru, terhadap proses pembelajaran, sikap yang berkaitan dengan nilai atau norma yang berhubungan dengan suatu materi pelajaran, dan sikap yang berkaitan dengan kompetensi afektif lintas kurikulum yang relevan dengan mata pelajaran. Cara penilaiannya bisa melalui catatan observasi yang dilakukan oleh pendidik atau melalui angket. 3) penilaian aspek psikomotorik meliputi keterampilan yang ditunjukkan oleh peserta didik yang cara mengukurnya bisa melalui pengamatan langsung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:28
Last Modified: 24 Mar 2023 08:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20951

Actions (login required)

View Item View Item