Dampak Sikap Egoisme Orang Tua dalam Menentukan Pilihan Lembaga Pendidikan Anak terhadap Motivasi Belajar di Desa Gunung Putri Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo Tahun 2014

Andriyanto, Mr. (2015) Dampak Sikap Egoisme Orang Tua dalam Menentukan Pilihan Lembaga Pendidikan Anak terhadap Motivasi Belajar di Desa Gunung Putri Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo Tahun 2014. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. ANDRIYANTO_084 091 036.pdf

Download (668kB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan orang tua mempunyai peranan yang cukup besar untuk mencetak anak menjadi manusia yang diharapkan sesuai dengan tujuan pendidikan yang dilaksanakan yaitu mencetak manusia Indonesia seutuhnya, oleh karena itu orang tua sangatlah berperan sekali untuk mewujudkan harapan tersebut. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah Bagaimana dampak sikap egoisme orang tua dalam menentukan pilihan lembaga pendidikan anak terhadap motivasi belajar di Desa Gunung Putri Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo Tahun 2014. Selanjutnya dipecah menjadi sub fokus yaitu (1) Bagaimana dampak sikap egoisme orang tua dalam menentukan pilihan lembaga pendidikan anak terhadap motivasi intrinsik di Desa Gunung Putri Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo tahun 2014? dan (2) Bagaimana dampak sikap egoisme orang tua dalam menentukan pilihan lembaga pendidikan anak terhadap motivasi ekstrinsik? Tujuan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: untuk mendiskripsikan dampak sikap egoisme orang tua dalam menentukan pilihan lembaga pendidikan anak terhadap motivasi belajar di Desa Gunung Putri Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo Tahun 2014, sedangkan tujuan khususnya adalah (1) Untuk mendiskripsikan dampak sikap egoisme orang tua dalam menentukan pilihan lembaga pendidikan anak terhadap motivasi intrinsik di Desa Gunung Putri Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo Tahun 2014 dan (2) Untuk mendiskripsikan dampak sikap egoisme orang tua dalam menentukan pilihan lembaga pendidikan anak terhadap motivasi ekstrinsik di Desa Gunung Putri Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo Tahun 2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data digunakan metode sebagai berikut : a) Observasi, b) Angket, c) Interview dan d) Dokumenter. Sedangkan analisis data menggunakan kuantitatif dengan rumus product moment. Berdasarkan hasil analisis product moment kesimpulan dari skripsi ini yaitu dampak sikap egoisme orang tua dalam menentukan pilihan lembaga pendidikan anak terhadap motivasi belajar di Desa Gunung Putri Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo Tahun 2014, diperoleh nilai 0,508 yang berarti bahwa ada hubungan yang agak rendah. Sedangkan kesimpulan secara khusus, yaitu : (1) dampak sikap egoisme orang tua dalam menentukan pilihan lembaga pendidikan anak terhadap motivasi intrinsik di Desa Gunung Putri Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo Tahun 2014 diperoleh nilai 0,144 yang berarti bahwa ada dampak yang sangat rendah, (2) Berdasarkan hasil analisis product moment dari dampak sikap egoisme orang tua dalam menentukan pilihan lembaga pendidikan anak terhadap motivasi ekstrinsik di Desa Gunung Putri Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo Tahun 2014, diperoleh nilai 0,526 yang berarti bahwa ada dampak yang agak rendah”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:28
Last Modified: 24 Mar 2023 08:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20953

Actions (login required)

View Item View Item