Aplikasi Hukuman Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Belajar Siswa Di Smk Al-Mutaqin Banjar Sengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.

Hakiki, Mr. (2015) Aplikasi Hukuman Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Belajar Siswa Di Smk Al-Mutaqin Banjar Sengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Hakiki_084 095 011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu keharusan bagi manusia karena pada hakikatnya manusia lahir dalam keadaan tidak berdaya, dan tidak langsung dapat berdiri sendiri. Manusia pada saat lahir sepenuhnya memerlukan bantuan orang tuanya karena, pendidikan merupakan bimbingan orang dewasa mutlak diperlukan manusia. Di dalam pendidikan, usaha-usaha atau perbuatan-perbuatan si pendidik yang ditujukan untuk melaksanakan tugas pendidik yang ditujukan untuk melaksanakan tugas pendidik itu disebut juga alat-alat pendidikan. Hukuman sebagai salah satu alat pendidikan atau teknik pengelolaan kelas sebenarnya masih terus menjadi bahan perdebatan. Akan tetapi, apa pun alasannya, hukuman sebenarnya tetap diperlukan dalam keadaan sangat terpaksa, katakanlah semacam pintu darurat yang suatu saat mungkin diperlukan. Fokus masalah yang akan dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah: Bagaimana aplikasi hukuman dalam menumbuhkan kedisiplinan belajar siswa di SMK Al-Muttaqin Banjar Sengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2014/2015. Sedangkan sub fokus penelitiannya adalah: Bagaimana aplikasi hukuman isyarat, lisan, tindakan, dan fisik dalam menumbuhkan kedisiplinan belajar di SMK Al-Muttaqin Banjar Sengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan penilitian ini adalah untuk mendiskripsikan aplikasi hukuman dalam menumbuhkan kedisiplinan belajar siswa di SMK Al-Mutaqin Banjar Sengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2014/2015. Adapun tujuan khususnya adalah: untuk mendiskripsikan aplikasi hukuman dalam menumbuhkan kedisiplinan belajar di SMK Al-Mutaqin Banjar Sengon Keamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penentuan informan menggunakan purpossive sampling, analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Selanjutnya untuk mengukur keabsahan dan menggunakan trianggulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1) bahwa aplikasi hukuman isyarat dalam hal ini sudah sesuai dengan bentuk hukuman dari yang paling halus, Misalnya, tidak memperhatikan guru pada saat menjelaskan di kelas. Tidak sedikit yang membuat siswa jera menggunakan hukuman ini. Hal ini terbukti beberapa siswa tidak melanggar lagi sampai akhir tamat sekolah. 2) aplikasi hukuman lisan pun telah diterapkan juga oleh guru SMK Al-Mutaqin Banjar Sengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember meskipun harus bertahap mulai dari menegur, memberi peringatan, bahkan ancaman sanksi. Misalnya, terlambat sekolah, dan tersebut diulanginya lagi pada waktu yang akan datang. 3) hukuman tindakan dalam menumbuhkan kedisiplinan belajar siswa di SMK Al-Mutaqin Banjar Sengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember telah diterapkan yang hukuman tersebut membebani siswa untuk memberikan efek jera. Pelanggaran yang sudah digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id xi lebih dari 3x akan dikenakan sanksi seperti: berdiri di depan kelas sambil mengangkat suatu kaki, dan lain-lain. 4) aplikasi hukuman fisik merupakan langkah terakhir yang ditempuh dalam memperbaiki suatu kesalahan. Hukuman ini diberikan ketika nasehat ataupun ancaman sudah tidak mempan lagi bagi anak. Sedapat mungkin guru di SMK Al-Muttaqin Banjar Sengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember menghindari bentuk hukuman fisik. Dan siswa yang mendapat sanksi fisik, adalah siswa yang melanggar tata tertib yang berat misalnya : pacaran dan tidak shalat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:28
Last Modified: 24 Mar 2023 08:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20955

Actions (login required)

View Item View Item