Pelaksanaan Pendidikan Akhlak Bagi Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kabupaten Jember Tahun 2014

Hanafi, Mr. (2015) Pelaksanaan Pendidikan Akhlak Bagi Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kabupaten Jember Tahun 2014. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Hanafi_084 091 071.pdf

Download (1MB)

Abstract

Lembaga Pemasyarakatan adalah sebagai lembaga atau wadah sebagai tempat penggemblengan pribadi narapidana sekaligus untuk menempa diri, yang nantinya kembali kemasyarakat dapat diterima sebagai anggota masyarakat dan berguna. Dalam hal ini pendidikan akhlak yang berfungsi sebagai media agar mereka menjadi lebih baik. Latar belakang dari pendidikan akhlak ini adalah untuk mengubah tingkah laku narapidana pada jalan yang lebih bermanfaat dan berada dalam lindungan Allah SWT tuhan Yang Maha Esa, dan juga untuk menumbuhkan sikap optimis kepada narapidana untuk menjalani kehidupan setelah selesai menjalani hukuman sehingga mereka tidak akan mengulangi perbuatannya yang salah lagi dan bisa diterima kembali dimasyarakat dengan baik seperti masih sebelum menjalani hukuman. Sesuai dengan tujuan pendidikan yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945 yaitu untuk mengembangkan kualitas manusia indonesia seutuhnya. Penyelenggaraan pendidikan khusunya pendidikan akhlak tidak hanya dilaksanakan pada lembaga formal dan informal saja tetapi juga pada lembaga non formal, seperti halnya pada lembaga pemasyarakatan kelas II A Jember. Lembaga pemasyarakatan sebagai tempat untuk menampung, merawat, dan diselenggarakannya pendidikan bagi narapidana yang bertujuan untuk memperbaiki tingkah lakunya dan direhabilitasi sosial. Sasaran dan tujuannya adalah narapidana yang memiliki latar belakang yang berbeda baik dari segi tindak pidananya. Dari tujuan tersebut maka lembaga pemasyarakatan kelas II A Jember menyelengarakan pendidikan akhlak kepada narapidana yang beragama Islam. Bentuk pendidikan akhlak pada narapidana di lembaga pemasyarakatan kelas II A Jember antara lain akhlak kepada Allah SWT dan kepada manusia. Fokus masalah dari penelitan ini adalah “ bagaimana pelaksanaan pendidikan akhlak bagi narapidana di lembaga pemasyarakatan kelas II A Kabupaten Jember” sedangkan sub fokus masalahnya meliputi bagaimana materi pendidikan, metode dan evaluasi pelaksanaan pendidikan akhlak narapidana kelas II A Kabupaten Jember. Tujuan umumnya dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan pendidikan akhlak narapidana kelas II A Kabupaten Jember. Sedangkan tujuan khususnya adalah untuk memperoleh gambaran tentang pendidikan akhlak narapidana kepada Allah SWT dan manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode, pengumpulan data, observasi, interview dan dokumentasi. Agar penulisan ini lebih sempurna maka dilengkapi dengan kajian teoritik yang berfungsi sebagai acuan dalam mengkolaborasikan antara teori dengan realitas yang ada. digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id vii Adapun kesimpulan dalam penelitian ini bahwa Akhlak narapidana di lembaga pemasyarakatan Kelas II A Kabupaten Jember secara umum baik. Karena secara umum tujuan dari pembinaan tersebut bisa dikatakan tercapai, hal ini ditunjukan dengan peningkatan dan ketaqwaan narapidana yang diwujudkaan dengan tingkah laku sehari-hari narapidana baik dalam hal akhlak kepada Allah SWT, akhlak kepada Manusia dan Lingkungan. Hal ini dapat dibuktikan dengan rasa cinta nya mereka kepada Allah SWT dengan rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah, sabar, ikhlas dalam menjalani masa pidananya, menyadari kesalahan dengan memohon ampun dan bertaubat kepada Allah SWT. serta berusaha mencari keridloaan Allah SWT dengan menjalankan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya. Akhlak kepada manusia terbukti dengan sifat narapidana yang saling menhormati, saling tolong-menolong, saling memberi, saling menasehati dan kasih sayang terhadap sesama narapidana, petugas dan kepada orang lain. Sedangkan terhadap lingkungan terbukti dengan menjaga, memelihara dan memanfaatkan sarana yang ada dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:28
Last Modified: 24 Mar 2023 08:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20956

Actions (login required)

View Item View Item