Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Mental Keagamaaan Siswa di SMKN 5 Jember tahun Pelajaran 2016/2017.

Heridianto, Mr. (2016) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Mental Keagamaaan Siswa di SMKN 5 Jember tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Heridianto_084121150.pdf

Download (3MB)

Abstract

Guru memegang peranan utama dalam dunia pendidikan. Hal ini dikarenakan guru mengemban tugas untuk mempersiapkan generasi muda sesuai dengan cita-cita bangsa, sehingga dapat dikatakan bahwa guru merupakan titik sentral dalam pendidikan baik formal maupun nonformal. SMKN 5 Jember telah menjadikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai unsur terpenting dalam membina mental keagamaan siswa. Dengan hal tersebut akan meningkatkan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pengajar, pembimbing, dan pendidik. Fokus kajian yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pengajar dalam membina mental keagamaan siswa di SMKN 5 Jember tahun pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing dalam membina mental keagamaan siswa di SMKN 5 Jember tahun pelajaran 2016/2017? (3) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam membina mental keagamaan siswa di SMKN 5 Jember tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pengajar dalam membina mental keagamaan siswa di SMKN 5 Jember tahun pelajaran 2016/2017, (2) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing dalam membina mental keagamaan siswa di SMKN 5 Jember tahun pelajaran 2016/2017, (3) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam membina mental keagamaan siswa di SMKN 5 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapang, sedangkan metode pengumpulan data; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode atau tehnik, serta analisa datanya adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai Pengajar dalam membina mental keagamaan siswa adalah Guru dalam mentransfer materi lebih banyak praktek dari pada teori. (2) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai Pembimbing dalam membina mental keagamaan siswa adalah Guru selalu memberikan bimbingan kepada siswa khususnya dalam hal beribadah. Seperti shalat Dhuhur berjamaah, shalat Dhuha berjamaah, shalat Jum’at di sekolah dan membaca Al-qur’an. (3) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai Pendidik dalam membina mental keagamaan siswa adalah Guru pendidikan agama Islam tidak terpacu pada saat di dalam kelas saja, melainkan berkelanjutan ketika diluar kelas dengan cara pendekatan khusus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:28
Last Modified: 24 Mar 2023 08:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20957

Actions (login required)

View Item View Item