Peran guru agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius terhadap peserta didik di MTs Al-Royyan Desa Dawuhan Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017

Huzairi, Mr. (2017) Peran guru agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius terhadap peserta didik di MTs Al-Royyan Desa Dawuhan Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. HUZAIRI_084 121 193.pdf

Download (3MB)

Abstract

Secara ideal, guru PAI tidak hanya sebatas sebagai pengajar yang mampu mentransfer pengetahuan saja, melainkan juga sebagai pendidik, teladan, dan motivator yang mampu menanamkan nilai-nilai karakter religius. Dengan artian, guru bukan saja memprioritaskan aspek kognitifnya saja, melainkan juga mencakup kepribadian siswa. Fokus penelitian ini adalah: 1), bagaimana peran guru Agama Islam sebagai pendidik dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius terhadap siswa di MTs Al-Royyan Desa Dawuhan Kec. Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? 2), bagaimana peran guru agama Islam sebagai teladan dalam menanamkan nilainilai karakter religius terhadap siswa di MTs Al-Royyan Desa Dawuhan Kec. Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? 3), bagaimana peran guru agama Islam sebagai motivator dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius terhadap siswa di MTs Al-Royyan Desa Dawuhan Kec. Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di MTs Al-Royyan Dawuhan Mumbulsari Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini menghasilkan: 1), peran guru agama Islam sebagai pendidik dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius terhadap siswa mampu: a), memiliki tanggung jawab sebagai pengganti orang tua siswa dalam membentuk pribadi siswa yang berakhlakul karimah. b), memiliki sikap kewibawaan agar mampu mempengaruhi, membujuk dan membangkitkan kesadaran para siswa untuk mentaati dan melaksanakan segala peraturannya secara baik tanpa adanya paksaan. c), memiliki kedisplinan yang tinggi dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya sebagai pendidik. 2), peran guru agama Islam sebagai teladan dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius terhadap siswa dilakukan dengan cara guru selalu semangat memberi contoh teladan dan harus bisa menjalin ikatan emosional dengan menjadikan siswa bukan sebagai objek melainkan sebagai mitra dalam belajar. 3), peran guru agama Islam sebagai motivator dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius terhadap siswa dilakukan dengan cara: a), membangkitkan minat siswa dengan cara menghubungkan manfaat yang akan diperoleh. b), memberikan pujian. c), memberikan komentar positif yang bersifat membangun guna menghargai kegiatan yang telah dilakukan oleh siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:28
Last Modified: 24 Mar 2023 08:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20958

Actions (login required)

View Item View Item