Penerapan Sistem Pendidikan Pesantren Dalam Meningkatkan Kualitas Ibadah Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Karanganyar Paiton Kab. Probolinggo Tahun Pelajaran 2014/2015

Masluhah, Mr. (2015) Penerapan Sistem Pendidikan Pesantren Dalam Meningkatkan Kualitas Ibadah Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Karanganyar Paiton Kab. Probolinggo Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Masluhah_084111 299.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kualitas dan keberhasilan pembelajaran yang dilakukan sangat dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam memilih sistem pembelajaran, menyampaikan, menggunakan berbagai sarana dan fasilitas yang tersedian dengan maksimal. Salah satu sistem/metode yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada saat ini adalah dengan menerapkan sistem pendidikan pesantren adalah sistem yang menguraikan cara-cara tradisional namun mampu memudahkan. Sebenarnya kondisi tradisional sangat perlu dipertahankan keberadaannya, Fokus penelitian ini adalah: Fokus Masalah 1) Bagaimana penerapan sistem pendidikan pesantren dalam meningkatkan kualitas ibadah siswadi madrasah aliyah negeri karanganyar paiton kab. Probolinggo tahun pelajaran 2014/2015 Sub fokus Masalah 1) Bagaimana sistem pendidikan tradisional pesantren dalam meningkatkan kualitas ibadah di madrasah aliyah negeri karanganyar paiton kab. Probolinggo tahun pelajaran 2014/2015?2) Bagaimana tehnik penerapan sistem pendidikan pesantren dalam meningkatkan kualitas ibadah siswa di madrasah aliyah negeri karanganyar paiton kab. Probolinggo tahun pelajaran 2014/2015? 3) bagaimana evaluasi sistem pendidikan pesantren dalam meningkatkan kualitas ibadah siswa di madrasah aliyah negeri karanganyar paiton kab. Probolinggo tahun pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan sistem pendidikan tradisional pesantren dalam meningkatkan kualitas ibadah siswa di madrasah aliyah negeri karanganyar paiton kab. Probolinggo 2) Untuk mendeskripsikan tehnik penerapan sistem pendidikan pesantren dalam meningkatkan kualitas ibadah siswa di madrasah aliyah negeri karanganyar paiton kab. Probolinggo 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi sistem pendidikan pesantren dalam meningkatkan kualitas ibadah siswa di madrasah aliyah negeri karanganyar paiton kab. Probolinggo. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode obsevasi, wawancara, dokumentasi terhadap data-data yang diperlukan. Tehnik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif mempunyai langkah-langkah sebagai berikut yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta validasi data. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa sistem pendidikan tradisional pesantren ada tiga yaitu Sitem Sorogan, Bandongan/wetonan, Halaqah. Tehnik penerapa yaitu dengan memberikan menyorogkan kitab / hafalan, belajar bersama, dan aktivitas kelompok. Evaluasi dari penerapan yaitu dengan prestasi ranah kognetif, afektif, dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:28
Last Modified: 24 Mar 2023 08:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20959

Actions (login required)

View Item View Item