Pengelolaan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an melalui fasilitas Holy Qur’an Pada Program Bilingual di SMP-Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.

Haniyah, Ms. (2015) Pengelolaan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an melalui fasilitas Holy Qur’an Pada Program Bilingual di SMP-Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. HANIYAH_084 104 009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci : Pengelolaan, Pembelajaran, BTA, Holy Qur’an. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) merupakan kegiatan yang sangat kompleks, di dalamnya terdapat beberapa faktor yang saling mempengaruhi untuk mencapai keberhasilan. Diantara faktor tersebut adalah guru, peserta didik, metode, materi, dan media. Salah satu materi pembelajaran adalah Baca Tulis Al-Qur’an (BTA). Allah SWT melalui rasulnya menganjurkan kepada setiap insan untuk belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya kepada keluarga, tetangga dan siapa saja. Membaca Al-Qur’an adalah amal yang sangat mulia, dan Allah menjanjikan pahala yang berlipat ganda bagi yang melakukannya. Di dalam membaca Al-Qur’an dituntut untuk mengetahui hal-hal yang berkenaan dengan tata cara membaca Al-Qur’an yang meliputi penguasaan ilmu tajwid, makhorijul huruf, sifatil huruf, waqof-washal dll. Hal ini dilakukan semata-mata untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang menjurus pada perubahan arti dan maksud pada ayat tersebut. Keterampilan untuk dapat menulis Al-Qur’an juga merupakan bagian yang penting untuk di ajarkan kepada peserta didik. Karena itulah lembaga SMP-Plus Darus Sholah Jember memberi perhatian khusus terhadap pembelajaran BTA dengan penyediaan waktu yang cukup dan fasilitas yang memadai demi terselenggaranya pembelajaran yang efektif, berkualitas dan menyenagkan. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana Pengelolaan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an melalui fasilitas Holy Qur’an pada Program Bilingual di SMPPlus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran materi BTA yang mencakup makhorijul huruf, sifatil huruf, tajwid dan imla’ melalui fasilitas Holy Qur’an pada Program Bilingual di SMP-Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian field research (penelitian lapang) karena penelitian ini dilakukan secara langsung dilapangan, yaitu di SMP-Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus, karena peneliti berusaha untuk mendeskripsikan tentang Pengelolaan viii digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an melalui fasilitas Holy Qur’an Pada Program Bilingual di SMP-Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2014/2015 Dari hasil penelitian yang dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa Pengelolaan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) melalui fasilitas Holy Qur’an Pada Program Bilingual di SMP-Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2014/2015, dapat dilaksanakan sesuai dengan program yang dicanangkan. Hal ini terlihat dari kwantitas pembelajaran Al-Qur’an yang tidak saja ada pada materi PAI pada umumnya, tetapi juga ada materi khusus membaca Al-Qur’an 2 JP, dan materi BTA melalui fasilitas Holy Qur’an 2JP yang terstruktur dalam jadwal kurikuler.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:29
Last Modified: 24 Mar 2023 08:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20961

Actions (login required)

View Item View Item