Peran Rumah Moderasi Beragama Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dalam Penguatan Moderasi Beragama Di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Tahun 2022.

Arrojabi, Muhammad Fahmi (2023) Peran Rumah Moderasi Beragama Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dalam Penguatan Moderasi Beragama Di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Tahun 2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi M. Fahmi Arrojabi.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Fahmi Arrojabi, 2022: Peran Rumah Moderasi Beragama Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dalam Penguatan Moderasi Beragama Di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Tahun 2022.
Kata Kunci: Peran RMB UIN KHAS Jember, Penguatan MB dam UIN KHAS Jember
Melihat banyaknya problematika mengenai praktik beragama yang mengarah pada perpecahan dalam tubuh negara, Pemerintah telah menetapkan Penguatan Moderasi Beragama (PMB) sebagai solusi dan menjadikannya bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Kementerian Agama menjadi pelaksana dalam program tersebut, dan membentuk Rumah Moderasi Beragama (RMB) sebagai instrumen dalam PMB di setiap PTKI, hal tersebut dilakukan untuk efektifitas pelaksanaan program.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran RMB Universitas Kiai Haji Ahmad Shiddiq Jember (UIN KHAS Jember) dalam pelaksanaan program moderasi beragama di UIN KHAS Jember?. 2) Apa peluang, tantangan dan hambatan RMB UIN KHAS Jember dalam pelaksanaan program moderasi beragama di UIN KHAS Jember?.
Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui bagaimana peran RMB UIN KHAS Jember dalam pelaksanaan program moderasi beragama di UIN KHAS Jember. 2) Untuk mengetahui Apa peluang, tantangan dan hambatan RMB UIN KHAS Jember dalam pelaksanaan program moderasi beragama di UIN KHAS Jember.
Metode serta pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus atau case-study. Objek penelitian ini yaitu RMB UIN KH. Achmad Siddiq Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi data observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah 1) Peran RMB di UIN KHAS Jember adalah; a) Sebagai pusat studi, pengembangan, penguasaan dan penyebaran moderasi beragama di UIN KHAS Jember. b) Sebagai sarana peningkatan kapasitas serta pembentuk penggerak moderasi beragama terhadap para civitas akademik UIN KHAS Jember. 2) Tantangan RMB UIN KHAS Jember yaitu adanya kontestasi gagasan ideologi keagamaan, pergaulan civitas akademika yang diluar pengawasan pihak RMB yang berpotensi terpapar paham ekstremisme, media sosial atau internet dan kurangnya edukasi terkait pandangan moderasi beragama terhadap civitas akademik. Peluangnya ialah banyaknya SDM civitas akademik yang memiliki background pesantren, mengintegrasikan moderasi beragama dalam setiap mata kuliah dan bekerjasama dengan organisasi mahasiswa dan ma’had al-Jami’ah, serta Jember merupakan tempat KH. Achmad Siddiq berdakwah yang sesuai dengan moderasi beragama. Hambatannya yaitu mindset apatis dan SDM yang kurang bagi sebagian civitas akademik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahasiswa Perpustakaan Muhammad Fahmi Arrojabi
Date Deposited: 27 Mar 2023 07:35
Last Modified: 27 Mar 2023 07:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20965

Actions (login required)

View Item View Item