Peran Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bangsalsari Jember 2016/2017.

Muchtar, Muhammad Adib Ali (2017) Peran Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bangsalsari Jember 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD ADIB ALI MUCHTAR_084 131 001.pdf

Download (29MB)

Abstract

Guru memegang peranan penting dalam dunia pendidikan. Hal ini dikarenakan guru mengemban tugas untuk mempersiapkan generasi muda sesuai dengan cita-cita bangsa, sehingga dapat dikatakan bahwa guru merupakan titik sentral dalam dunia pendidikan baik pendidikan formal maupun nonformal. Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bangsalsari Jember telah menjadikan peran guru Akidah Akhlak sebagai unsur penting dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik. Hal tersebut akan lebih meningkatkan lagi peran guru Akidah Akhlak sebagai pendidik, pengajar, dan pembimbing. Dalam penelitian ini, yang menjadi fokus penelitian adalah (1) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pendidik dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bangsalsari Jember 2016/2017? (2) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pengajar dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bangsalsari Jember 2016/2017? (3) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bangsalsari Jember 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai pendidik dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bangsalsari Jember 2016/2017. (2) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai pengajar dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bangsalsari Jember 2016/2017. (3) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bangsalsari Jember 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (Field Research). Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan (1) observasi (2) wawancara (3) dokumentasi. Adapun validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode atau tekhnik, serta analisa datanya adalah kualitatif deskriptif. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Peran guru akidah akhlak sebagai pendidik dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bangsalsari Jember 2016/2017 yaitu selalu memberikan pelajaran yang kontekstual dan memberikan motivasi serta memberikan fasilitas semaksimal mungkin.(2) Peran guru akidah akhlak sebagai pengajar dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bangsalsari Jember 2016/2017 yaitu guru membuat perangkat pembelajaran dan mengaktualisasikan dalam kegiatan belajar serta evaluasinya yaitu melalui pengetahuan, sikap, dan keterampilan.(3) Peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bangsalsari Jember 2016/2017 yaitu memberikan informasi dengan berbagai metode dan pemberian tugas serta mengabsen satu persatu peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:55
Last Modified: 27 Mar 2023 06:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20966

Actions (login required)

View Item View Item