Hubungan Motivasi Dengan Prestasi Belajar Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas X SMA Plus Darul Hikmah Jember Tahun Pelajaran 2013/2014

Agustini, Nanik (2015) Hubungan Motivasi Dengan Prestasi Belajar Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas X SMA Plus Darul Hikmah Jember Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NANIK AGUSTINI_084 106 030.pdf

Download (881kB)

Abstract

Motivasi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa.Seseorang akan mendapat hasil yang diinginkan dalam belajar apabiladalam dirinya terdapat keinginan untuk belajar. Motivasi dapat berfungsi sebagai pendorong untuk pencapaian prestasi. Seseorang akan melakukan suatu kegiatan karena ada motivasi dalam dirinya. Adanya motivasi yang tinggi dalam belajar akan mencapai hasil yang optimal. Dengan kata lain, dengan adanya usaha yang tekun terutama yang didasari oleh adanya motivasi maka seseorang itu akan dapat melahirkan prestasi yang baik. Intensitas motivasi seorang siswa akan sangat menentukan tingkat pencapaian prestasinya. Di dalam kegiatan belajar mengajar peranan motivasi baik intrinsik maupun ekstrinsik sangat diperlukan.Dengan motivasi, siswa dapat mengembangkan aktifitas dan inisiatif, dapat mengarahkan dan memelihara dalam melakukan kegiatan belajar. Motivasi bagi siswa merupakan hal yang sangat penting, terutama motivasi dalam belajar Adapun permasalahan dari penelitian ini adalah adakah hubungan motivasi dengan prestasi belajar bidang studi Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas X SMA Plus Darul Hikmah Tahun pelajaran 2013/2014? Tujuan dalam penelitian ini yang pertama adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan motivasi intrinsik dengan prestasi belajar bidang studi Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas X SMA Plus Darul Hikmah tahun pelajaran 2013/2014, kedua untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan motivasi ekstrinsik dengan prestasi Belajar Bidang Studi Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas X SMA Plus Darul Hikmah tahun pelajaran 2013/2014 Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode pengumpulan data mengunakan angket, dokumentasi, wawancara, dan observasi sedangkan untuk analisisnya, penulisan menggunakan teknik korelasi Product Momen. Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode tersebut,didapatkan bahwa antara motivasi dan prestasi belajar bidang studi Pendidikan Agama Islam mempunyai koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,321.Setelah hasil perhitungan tersebut dibandingkan dengan rtabel dengan taraf kesalahan 5% didapatkan bahwa rhitung> rtabel (0,321 > 0,232) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar bidang studi Pendidikan Agama Islam siswa SMA Plus Darul Hikmah tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:49
Last Modified: 27 Mar 2023 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20970

Actions (login required)

View Item View Item