Urgensi pendidikan agama islam dalam pemberdayaan masyarakat pesisir di desa sumber rejo ambulu jember tahun 2014

Abdillah, Naufal (2015) Urgensi pendidikan agama islam dalam pemberdayaan masyarakat pesisir di desa sumber rejo ambulu jember tahun 2014. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NAUFAL ABDILLAH_084 081 210.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dari sekian banyak pulau-pulau, terdapat 931 pulau yang dihuni oleh penduduk, artinya lebih dari 63 % penduduk Indonesia hidup berdomisili dan umumnya bermata pencaharian di daerah pesisir. Namun sangat disayangkan pada umumnya masyarakat pesisir merupakan masyarakat tradisional dengan kondisi sosial ekonomi dan pendidikan yang rendah, melekat padanya ciri keterbelakangan, kemiskinan dan kekurang pengetahuan. Secara umum penelitian ini fokus penelitian pada bagaimana urgensi pendidikan agama Islam dalam pemberdayaan masyarakat pesisir desa Sumber Rejo Ambulu Jember tahun 2014. Sub fokus penelitian khusus : (1) Bagaimana Pola Pendidikan Agama Islam dalam Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Desa Sumber Rejo Ambulu Jember tahun 2014 ? (2) Apa Saja Problematika Yang Dihadapi Masyarakat Pesisir Desa Sumber Rejo Ambulu Jember tahun 2014 ? (3) Bagaimana konstruk pemberdayaan masyarakat pesisir melalui Pendidikan Agama Islam Desa Sumber Rejo Ambulu Jember tahun 2014 ? Tujuan penelitian ini secara umum mendeskripsikan urgensi pendidikan agama Islam dalam pemberdayaan masyarakat pesisir desa Sumber Rejo Ambulu Jember tahun 2014. Tujuan khusus (1) Mendeskripsikan pola pendidikan agama islam dalam pemberdayaan masyarakat pesisir desa Sumber Rejo Ambulu Jember tahun 2014 (2) Mengidentifikasi berbagai problematika yang dihadapi masyarakat pesisir desa Sumber Rejo Ambulu Jember tahun 2014 (3) Menganalisis konstruk pemberdayaan masyarakat pesisir melalui pendidikan agama islam desa Sumber Rejo Ambulu Jember tahun 2014 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reserach) dengan studi kasus (case study). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain adalah : Observasi, wawancara mendalam, dan study dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa secara umum Bahwa pendidikan agama Islam berperan vital dalam pemberdayaan masyarakat pesisir di desa Sumber rejo Ambulu tahun 2014, sebab nilai-nilai pendidikan agama Islam tersebut selain sangat menekankan pentingnya kerja keras, kemandirian, hidup hemat, dan perencanaan yang matang dalam segala hal, juga dapat mendorong tumbuhnya budaya kerja yang kreatif, progresif dan inovatif, yang pada gilirannya akan dapat membebaskan mereka dari problem kebodohan, kemiskinan dan keterbelakangan. Dan secara khusus (1) Bahwa pola pendidikan agama Islam dalam pemberdayaan masyarakat pesisir desa Sumber Rejo Ambulu tahun 2014 adalah berbentuk halaqah, kajian dialogis, pengajian umum, istighasah, penyuluhan dan majlis ta’lim (2) Bahwa problematika yang dihadapi masyarakat pesisir di desa Sumber Rejo Ambulu adalah (a) problem keterbelakangan (b) Problem akhlaq (3) Bahwa konstruk pemberdayaan masyarakat pesisir melalui pendidikan agama Islam di desa Sumber Rejo Ambulu tahun 2014 adalah bertolak dari prinsip penguatan, terapiotik, penyadaran diri, penghormatan terhadap nilai nilai humanisme, menekankan kemandirian serta berupaya membebaskan mereka dari berbagai bentuk ketidak berdayaan dan keterbelakangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:50
Last Modified: 27 Mar 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20971

Actions (login required)

View Item View Item