Upaya Pembinaan Karakter Mandiri Siswa Melalui Kegiatan Pramuka di MTs Negeri Sidorejo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaan 2015/2016.

Zahro', Ni'matuz (2015) Upaya Pembinaan Karakter Mandiri Siswa Melalui Kegiatan Pramuka di MTs Negeri Sidorejo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaan 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NI’MATUZ ZAHRO’_084 111 027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan tidak hanya sebagai sarana untuk memperoleh pengetahuan. Akan tetapi, pendidikan adalah salah satu sarana untuk menumbuh kembangkan segala potensi yang ada dalam diri peserta didik sehinga mewujudkan pribadi yang cerdas, kreatif dan beraklhak mulia. Moralitas anak usia MTs bergantung dari perilaku kelompoknya. Pada usia MTs, pengaruh teman bagi anak lebih besar daripada pengaruh orang tua dan guru. Mengingat pendidikan karakter adalah upaya yang terencana untuk menjadikan peserta didik mengenal dan menginternalisasi nilai-nilai sehingga pesera didik berperilaku sebagai insan kamil,maka kegiatan kepramukaan bagi guru harus dihayati sebagai ruh pelayanan prima pembangunan karakter siswa. Salah satu media pendidikan karakter di sekolah adalah kegiatan pramuka. Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan focus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana upaya pembinaan karakter mandiri siswa melalui kegiatan pramuka di MTs Negeri Sidorejo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2015-2016? 2) Bagaimana model pembinaan karakter mandiri siswa melalui kegiatan pramuka di MTs Negeri Sidorejo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2015-2016? 3) Bagaimana hambatan-hambatan pembinaan karakter mandiri siswa melalui kegiatan pramuka di MTs Negeri Sidorejo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2015-2016? Tujuan penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) Untuk mendeskripsikan upaya pembinaan karakter mandiri siswa melalui kegiatan pramuka di MTs Negeri Sidorejo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2015-2016. 2) Untuk mendeskripsikan model pembinaan karakter mandiri siswa melalui kegiatan pramuka di MTs Negeri Sidorejo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2015-2016. 3) Untuk mendeskripsikan hambatan-hambatan pembinaan karakter mandiri siswa melalui kegiatan pramuka di MTs Negeri Sidorejo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2015-2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapanan (field research). Sedangkan dalam menentukan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Tenik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini menggunakan interaktif model analisis Miles amd Huberman , melalui tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data dan dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian ini, 1) Upaya pembinaan karakter mandiri siswa di dilakukan dengan membangun keteladanan, penanaman kedisiplinan, pembiasaan, serta menciptakan suasana yang kondusif. 2)model-model yang digunakan adalah model blok, model aktualisasi, dan model regular. 3) Hambatan-hambatan dari pembinaan diantaranya adalah kurangnya minat, dari siswa itu sendiri, serta kurangnya motivasi baik dari diri sendiri maupun lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:50
Last Modified: 27 Mar 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20972

Actions (login required)

View Item View Item