Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Peringatan Maulid nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren Putri Bustanul Makmur Kebunrejo Genteng.

Laila, Nur Qoyimatul (2017) Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Peringatan Maulid nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren Putri Bustanul Makmur Kebunrejo Genteng. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR QOYIMATUL LAILA_084 131 429.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nilai adalah daya dorong dalam kehidupan yang memberi makna dan pengabsahan pada tindakan seseorang. Pendidikan Islam itu sendiri adalah sistem pengajaran yang didasarkan pada sumber ajaran. Sumber ajaran Islam yaitu Al-Qur’an dan as-Sunnah. Pendidikan tidak hanya didapat dari sekolah ataupun dari lembaga pendidikan saja, akan tetapi pendidikan juga dapat kita pelajari dari kisah-kisah sejarah Nabi Muhammad SAW, karena dalam kisah sejarah terdapat berbagai pelajaran yang dapat kita ambil hikmahnya, dijadikan pedoman dan pegangan. Salah satu peristiwa sejarah adalah peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW atau biasa disebut maulid Nabi, di Banyuwangi khususnya di Pondok Pesantren Putri Bustanul Makmur Kebunrejo Genteng merayakan maulid Nabi dengan acara endog-endogan yang merupakan tradisi dari kabupaten Banyuwangi sendiri, meskipun begitu dampak dari peringatan tersebut belum seperti yang diharapkan hanya sekedar sebagai tradisi saja, tujuan dari peringatan maulid Nabi yaitu sebagai media pendidikan Islam bagi pesantren. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana nilai pendidikan Islam dalam bidang aqidah dalam peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren Putri Bustanul Makmur kebunrejo Genteng? 2) Bagaimana nilai pendidikan Islam dalam bidang ibadah dalam peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren Putri Bustanul Makmur kebunrejo Genteng? 3) Bagaimana nilai pendidikan Islam dalam bidang akhlak dalam peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren Putri Bustanul Makmur kebunrejo Genteng?. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan nilai pendidikan Islam dalam bidang aqidah dalam peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di pondok pesantren Bustanul Makmur Kebunrejo Genteng; 2) Untuk mendeskripsikan nilai pendidikan Islam dalam bidang ibadah dalam peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di pondok pesantren Bustanul Makmur Kebunrejo Genteng; 3) Untuk mendeskripsikan nilai pendidikan Islam dalam bidang akhlak dalam peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di pondok pesantren Bustanul Makmur Kebunrejo Genteng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Untuk memperoleh data yang diinginkan peneliti menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis Miles dan Huberman, dan validitas datanya menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa nilai-nilai pendidikan Islam dalam peringatan maulid Nabi Muhammad SAW adalah : 1) Nilai aqidah yang terdidiri dari taat kepada Allah SWT dan senantiasa mencintai Nabi Muhammad SAW, percaya kepada malaikat Allah, kitab-kitab Allah, percaya adanya kadha dan kadhar, percaya adanya hari akhir; 2) Nilai ibadah yang terdidi dari senantiasa membaca shalawat kepada Nabi, shalat lima waktu berjama’ah, puasa, zakat; 3) Nilai akhlak yang terdiri dari akhlak terhadap Allah SWT dan akhlak terhadap sesama makhluk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:50
Last Modified: 27 Mar 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20977

Actions (login required)

View Item View Item