Implementasi Metode Menghafal Al-Qur‟an Berbasis Tafsir Bil Ayat di Pondok Pesantren Putri An-Nur Mumbulsari Jember Tahun 2015

Qomariah, Nurul Lailatul (2015) Implementasi Metode Menghafal Al-Qur‟an Berbasis Tafsir Bil Ayat di Pondok Pesantren Putri An-Nur Mumbulsari Jember Tahun 2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nurul Lailatul Qomariah_084 111 046.pdf

Download (3MB)

Abstract

Al-Qur‟an merupakan wahyu Allah sebagai pedoman hidup bagi umat Islam agar terarah menuju jalan yang benar. Untuk menjaga kemurniannya sejak zaman Rasulullah s.a.w salah satunya dilakukan dengan cara menghafal. Dalam proses menghafal diperlukan adanya metode agar lebih mudah. Berkenaan dengan penggunaan metode, di pondok pesantren putri An-Nur menggunakan metode klasik yaitu yaitu talqin. Namun seiring berjalannya waktu pesantren putri AnNur berupaya mempermudah metode menghafal karena sebelumnya banyak yang berhenti. Dalam pendidikan agama Islam untuk melahirkan generasi yang baik, perlu memahami Al-Qur‟an sebagai petunjuk hidup, yaitu pemahaman terhadap tafsir Al-Qur‟an. Maka salah satu inovasi metodenya yaitu memberikan pengetahuan tafsir terlebih dahulu. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode menghafal al-qur‟an berbasis tafsir, apa saja faktor yang mendukung dan menghambat hafalan Al-Qur‟an di pondok pesantren putri An-Nur mumbulsari jember tahun 2015. Tujuan penelitian ini adalah; 1) Untuk mendeskripsikan implementasi metode menghafal Al-Qur‟an di Pesantren Putri Al-Nur Mumbulsari tahun 2015. 2) mendeskripsikan faktor-faktor pendukung hafalan Al-Qur‟an di Pesantren Putri Al-Nur Mumbulsari Jember Tahun 2015. 3) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor penghambat hafalan Al-Qur‟an di Pesantren Putri Al-Nur Desa Lempeji Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember Tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan subyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik participant observation, in depth interview, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif karena peneliti bermaksud untuk membuat deskripsi mengenai kejadian-kejadian yang terdapat selama penelitian. Dengan model Miles and Huberman. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Dari hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan: 1) berkaitan dengan implementasi metode menghafal Al-Qur‟an di pesantren putri An-Nur Mumbulsari menggunakan metode klasikyaitu talqin, namun diperbarui dengan pemahaman tafsir terlabih dahulu untuk memudahkan dalam pembuatan hafalan. 2) Adapun hasil dari faktor-faktor pendukung hafalan Al-Qur‟an di pesantren putri An-Nur Mumbulsari Jember Tahun 2015 karena motivasi dan santri dibekali bahasa arab dan pemahaman tafsir terlebih dahulu agar mudah dalam menghafal Al-Qur‟an. 3) Dan faktor-faktor penghambat hafalan Al-Qur‟an di pesantren putri An-Nur Jember Tahun 2015 datangnya penghambat dari luar diri dan dalam diri santri, dengan demikian Bu Nyai selalu menegaskan untuk menghafal dan menyetor hafalan harus konsisten. Kata Kunci: Meetode menghafal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:50
Last Modified: 27 Mar 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20979

Actions (login required)

View Item View Item