Pembelajaran Sejarah Syariat Islam melalui Kitab Tarikh Al-Tasyrik Al- Islami di Pesantren Al Bidayah Tegal Besar Kaliwates Jember 2017/2018

Aziz, Agus Wahyudi (2018) Pembelajaran Sejarah Syariat Islam melalui Kitab Tarikh Al-Tasyrik Al- Islami di Pesantren Al Bidayah Tegal Besar Kaliwates Jember 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Agus Wahyudi Aziz_084 131 367.pdf

Download (29MB)

Abstract

Di kalangan pesantren, terutama para santri yang memiliki kecenderungan pembelajaran yang menoton pada pembahasan kajian-kajian syari’atnya bukan lagi membahas perjuangan Nabi dalam menyebar luaskan Syari’at Islam. Kitab Tarikh alTasyrik al-Islami adalah kitab gundul (tidak berharkat). Kitab ini jarang sekali dipelajari di pondok pesantren lain, Adapun diantara kitab-kitab yang dipelajari di pondok pesantren al Bidayah salah satunya adalah kitab Tarikh al-Tasyrik al-Islami. Pembelajaran kitab Tarikh al-Tasyrik al-Islami di Pesantren al-Bidayah Tegal Besar Jember dilaksanakan seminggu sekali pada malam sabtu jam 19:30 sampai selesai. Metode yang digunakan dalam pembelajaran kitab Tersebut yaitu sorogan, yang mana santri atu peserta didik menyodorkan secara bergantian kepada ustadznya serta mengevaluasi hasil pembelejaran sebelum diakhiri. Oleh karena itu, perlu adanya pemberian pendidikan sejarah syariat Islam kepada peserta didik supaya mereka mengetahui dan memahami mengenai perjuangan dan penyebaran hukum Islam. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana proses pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Syariat Islam Melalui Kitab Tarikh al-Tasyrik al-Islami di Pesantren al Bidayah Tegal Besar Kaliwates Jember 2017/2018? (2) Bagaimana proses evaluasi Pembelajaran Sejarah Syariat Islam Melalui Kitab Tarikh al-Tasyrik al-Islami di Pesantren al Bidayah Tegal Besar Kaliwates Jember 2017/2018?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan proses pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Syariat Islam Melalui Kitab Tarikh al-Tasyrik al-Islami di Pesantren al Bidayah Tegal Besar Kaliwates Jember 2017/2018. (2) Mendeskripsikan proses evaluasi Pembelajaran Sejarah Syariat Islam Melalui Kitab Tarikh al-Tasyrik al-Islami di Pesantren al Bidayah Tegal Besar Kaliwates Jember 2017/2018. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif menggunakan penelitian lapangan. Tehnik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dari data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan tehnik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta data dianalisis dengan tehnik trianggulasi sumber dan trianggualasi teknik. Berdasarkan hasil temuan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Bahwa proses pelaksanaan pembelajaran kitab Tarikh al-Tasyrik al-Islami di Pesantren Al Bidayah Tegal Besar Jember yaitu dilaksanakan setiap malam sabtu dimulai pukul 19.30 sampai 20:30. Adapun dalam pelaksanaannya menggunakan sistem halaqoh atau membentuk kelompok kecil yang terdiri antara 5 sampai 10 peserta didik. Kemudian sebelum pembelajaran berakhir terdapat post tes dengan cara mengulasan kembali materi pembelajaran dari awal sampai akhir, sedangkan santri disuruh menyimpulkan, yaitu dengan cara acak atau juga ditunjuk dan diakhiri dengan penjelasan dari ustadz. (2) Proses evaluasi dalam pembelajaran kitab Tarikh al-Tasyrik al-Islami di Pesantren Al Bidayah Tegal Besar Jember tidak menggunakan patokan tertentu, karena proses evaluasi dikombinasikan dengan post tes yaitu tes lisan atau sima’an yakni tanya jawab diakhir pembelajaran terkait materi yang sudah diajarkan seperti As Sunnah dan Sembahyang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:50
Last Modified: 27 Mar 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20980

Actions (login required)

View Item View Item