Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengarahkan Keberlanjutan Pendidikan Siswa Kelas XII di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.

Istiqomah, Nurul Laily (2015) Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengarahkan Keberlanjutan Pendidikan Siswa Kelas XII di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NURUL LAILY ISTIQOMAH_084111289.pdf

Download (628kB)

Abstract

Guru Bimbingan dan Konseling memiliki peranan yang sangat penting terutama dalam mengarahkan keberlanjutan pendidikan siswa kelas XII. Tak heran jika lulusan MAN 1 Jember banyak diterima di universitas favorit. Fokus penelitian pada skripsi ini yaitu bagaiman peranan guru bimbingan dan konseling merencanaan, melaksanakan, dan mengevaluasi program bimbingan dan konseling dalam mengarahkan keberlanjutan pendidikan siswa kelas XII di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan peranan guru bimingan dan konseling merencanaan, melaksanakan, dan mengevaluasi program bimbingan dan konseling dalam mengarahkan keberlanjutan pendidikan siswa kelas XII di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipasi pasif, wawancara tidak tersruktur, dokumentasi. Analisa data yang digunakan yaitu model Miles and Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Keabsahan data digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) Perencanaan program bimbingan dan konseling dalam mengarahkan keberlanjutan pendidikan siswa kelas XII di MAN 1 Jember dilakukan melalui beberapa tahapan merumuskan tujuan, menentukan strategi, menentukan program yang akan dilakukan. Merancanakan program BK tersebut harus sesuai dengan kebutuhan sekolah dan kebutuhan siswa, (2) Pelaksanaan program bimbingan dan konseling dalam mengarahkan keberlanjutan pendidikan siswa kelas XII di MAN 1 Jember dilakukan dalam satu tahun. Pada semester ganjil mensosialisasikan tetang seleksi masuk perguruan tinggi menggunakan nilai rapot, semester genap melaksanakan atau mendaftarkan siswa yang akan ikut seleksi tersebut. Strategi dalam melaksanakan program bimbingan untuk kelas XII dengan dua cara yaitu individual dan kelompok, (3) Evaluasi program bimbingan dan konseling dalam mengarahkan keberlanjutan pendidikan siswa kelas XII di MAN 1 Jember dilakukan dengan dua cara yaitu evaluasi proses dan evaluasi hasil. Evaluasi proses dilakukan dengan menganalisa selama proses belangsung, sedangkan evaluasi hasil dilakukan dengan membandingkan hasil persentase banyaknya siswa MAN 1 Jember yang diterima di perguruan tinggi dengan persentase tahun sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:50
Last Modified: 27 Mar 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20981

Actions (login required)

View Item View Item