Upaya Pendampingan Gelandangan dan Pengemis Oleh UPT Lingkungan Pondok Sosial ( Liposos) Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Fakultas Dakwah. Prodi Pengembangan Masyarakat Islam IAIN Jember.

Firdausiah, Raudlatul (2017) Upaya Pendampingan Gelandangan dan Pengemis Oleh UPT Lingkungan Pondok Sosial ( Liposos) Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Fakultas Dakwah. Prodi Pengembangan Masyarakat Islam IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RAUDLATUL FIRDAUSIAH_082134006.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Upaya Pendampingan Gelandangan dan Pengemis Penyelesaian masalah sosial khususnya masalah gelandangan dan pengemis tidak akan selesai tampa adanya kerja sama antara masyarakat dan pemerintah. Unit Pelaksana Teknis (UPT) Liposos Kabupaten Jember merupakan unit pelaksan teknis yang berada dibawah naungan Dinas Sosial Kabupaten Jember, yang bertugas sebagai pusat pelayanan kesejahteraan sosoial bagi penyandang masalah sosial (PMKS). Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana upaya pendampingan gelandangan dan pengemis oleh UPT Lingkungan pondok sosial (Liposos) Kecamatan Kaliwates Kabupaten jember ?, 2) Apa saja hambatan dalam melakukan upaya pendampingan gelandangan dan pengemis di UPT Lingkungan Pondok Sosial (Liposo) Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember ?, 3) apa saja faktor pendukung upaya pendampingan gelandangan dan pengemis oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Lingkungan Pondok Sosial (Liposos) ? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui upaya pendampingan gelandangan dan pengemis oleh UPT Lingkungan Pondok Sosial (Liposos). 2) Untuk mengetahui hambatan dalam upaya pendampingan gelandangan dan pengemis oleh UPT Lingkungan Pondok Sosial (Liposos). 3) faktor pendukung yakni sarana dan prasarana yang berupa asrama, dapur umum, musholla, aula, lapangan olah raga, lapangan volli, ambulance. Metode penelitian menggunkan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan informannya menggunakan teknik purposive, sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Dengan mengambil sumber data dari pimpinan TU UPT Liposos, staff dan peksos, Analisa yang digunakan yakni reduksi data, display data, kesimpulan. keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah : 1) upaya pendampingn UPT Liposos dengan strategi pemberdayaan yaitu menyususn intrumen pengumpulan data, membangun pemahaman. Serta menggunakan upaya pemberdayaan Enabling, Empowering, protecting, suppporting, fostering. 2) hambatan dalam upaya pendampingan Kurang tepatnya perencanaan, Inovasi yang tidak berkembang, Masalah finansial,. 3) faktor pendukung yakni sarana dan prasarana yang berupa asrama, dapur umum, musholla, aula, lapangan olah raga, lapangan volli, ambulance.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:51
Last Modified: 27 Mar 2023 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20984

Actions (login required)

View Item View Item