Kolaborasi Guru Akidah Akhlak dengan Konselor dalam Menanggulangi Masalah-Masalah Siswa di MTs Ar-Rohmah Suren Ledokombo Kabupaten Jember.

Wulandari, Rika (2017) Kolaborasi Guru Akidah Akhlak dengan Konselor dalam Menanggulangi Masalah-Masalah Siswa di MTs Ar-Rohmah Suren Ledokombo Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rika Wulandari_084 131 241.pdf

Download (7MB)

Abstract

Bimbingan dan konseling di madrasah merupakan sesuatu yang tidak dapat diabaikan dalam proses pendidikan, terutama di MTs Ar-Rohmah yang menununjukkan betapa pentingnya layanan bimbingan dalam menanggulangi masalah perkembangan yang meliputi masalah pribadi, sosial, belajar dan karir. Namun, pelayanan bimbingan tidak mungkin menyendiri, untuk itu kolaborasi konselor dengan guru mata pelajaran perlu dilaksanakan. Terutama dengan guru akidah akhlak sebagai pembimbing dan pembina ilmu agama serta untuk membentuk remaja yang berakhlakul karimah. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana Kolaborasi Guru Akidah Akhlak dengan Konselor dalam Menanggulangi Masalah Pribadi Siswa di MTs Ar-Rohmah Suren?, 2) Bagaimana Kolaborasi Guru Akidah Akhlak dengan Konselor dalam Menanggulangi Masalah Sosial Siswa di MTs Ar-Rohmah Suren?, 3) Bagaimana Kolaborasi Guru Akidah Akhlak dengan Konselor dalam Menanggulangi Masalah Belajar Siswa di MTs Ar-Rohmah Suren?, 4) Bagaimana Kolaborasi Guru Akidah Akhlak dengan Konselor dalam Menanggulangi Masalah Karir Siswa di MTs Ar-Rohmah Suren? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mendeskripsikan Kolaborasi Guru Akidah Akhlak dengan Konselor dalam Menanggulangi Masalah Pribadi Siswa di MTs Ar-Rohmah Suren. 2) Untuk Mendeskripsikan Kolaborasi Guru Akidah Akhlak dengan Konselor dalam Menanggulangi Masalah Sosial Siswa di MTs ArRohmah Suren. 3) Untuk Mendeskripsikan Kolaborasi Guru Akidah Akhlak dengan Konselor dalam Menanggulangi Masalah Belajar Siswa di MTs Ar-Rohmah Suren. 4) Untuk Mendeskripsikan Kolaborasi Guru Akidah Akhlak dengan Konselor dalam Menanggulangi Masalah Karir Siswa di MTs Ar-Rohmah Suren. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang MTs Ar-Rohmah Suren Ledokombo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kolaborasi guru akidah akhlak dengan konselor dalam menanggulangi masalah pribadi siswa dilakukan melalui layanan bimbingan dan pemberian uswah dalam proses pembelajaran . 2) Kolaborasi guru akidah akhlak dengan konselor dalam menanggulangi masalah sosial siswa dengan layanan yang sangat komplek dan memerlukan bantuan waka kesiswaan untuk penanggulangan masalah sosial kelompok. 3) Kolaborasi guru akidah akhlak dalam menanggulangi masalah belajar siswa dilakukan dengan identifikasi masalah melalui pembuatan sosiometri untuk membantu siswa dalam membentuk kelompok belajar. 4) Kolaborasi guru akidah akhlak dengan konselor dalam menanggulangi masalah karir siswa dengan pemberian layanan informasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:51
Last Modified: 27 Mar 2023 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20986

Actions (login required)

View Item View Item