Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Prestasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMPN 1 Jelbuk Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

Yudiawati, Ariel (2018) Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Prestasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMPN 1 Jelbuk Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ariel Yudiawati _084 141 282.pdf

Download (8MB)

Abstract

Smartphone merupakan media komunikasi untuk mempermudah manusia untuk berinteraksi tanpa harus bertatap muka. Pada beberapa tahun ini smartphone tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi tetapi digunakan untuk media pembelajaran. Di SMPN 1 Jelbuk penggunaan media smartphone digunakan untuk media pembelajaran sudah dilakukan khususnya pada mata pelajaran PendidikanAgamaIslam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Apakah ada pengaruh penggunaan Smartphone terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMPN 1 Jelbuk Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? 2) Apakah ada pengaruh penggunaan Smartphone terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam ranah kognitif siswa di SMPN 1 Jelbuk Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? 3) Apakah ada pengaruh penggunaan Smartphone terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam ranah afektif siswa di SMPN 1 Jelbuk Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? 4) Apakah ada pengaruh penggunaan Smartphone terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam ranah psikomotorik siswa di SMPN 1 Jelbuk Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatifkualitatif. Sedangkan jenis penelitian menggunakan eksperimen Pre-test Post-test control Grup Design. Yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan smartphone pada siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIC yang setiap kelas terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian untuk pengambilan data yaitu: angket, tes(pre-tes dan post-test), observasi saat melakukan experimen, dan wawancara pada kepala sekolah, guru PAI, guru BK dan Siswa. Peningkatan prestasi belajar dianalisa secara statisktik dengan menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penggunaan metode experimen berpengaruh terhadap prestasi belajar di SMPN 1 Jelbuk Jember dengan materi makanan, minuman halal dan haram dengan membandingkan post test kelas eksperimen dan kelas kontrol bahwa hasil menunjukkan nilai mean kelas eksperimen 87,67 dengan niali T 3,64dan signifikasi kurang dari 0,05. 2) penggunaan metode experimen meningkatkan prestasi belajar ranah kognitif siswa di SMPN 1 Jelbuk Jember dengan materi makanan, minuman halal dan haram dengan signifikansinya 0,03 ≤ 0,05 maka dianggap signifikan. Dan tingkat keeratannya adalah 0,17 yaitu sangat rendah. 3) penggunaan metode experimen meningkatkan prestasi belajar ranah afektif siswa di SMPN 1 Jelbuk Jember dengan materi makanan, minuman halal dan haram dengan signifikansinya 0,03 ≤ 0,05 maka dianggap signifikan. Dan tingkat keeratannya adalah 0,15 yaitu sangat rendah. 4) penggunaan metode experimen meningkatkan prestasi belajar ranah psikomotorik siswa di SMPN 1 Jelbuk Jember dengan materi makanan, minuman halal dan haram dengan signifikansinya 0,03 ≤ 0,05 maka dianggap signifikan. Dan tingkat keeratannya adalah 0,21 yaitu sangat rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:51
Last Modified: 27 Mar 2023 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20991

Actions (login required)

View Item View Item