Pembelajaran Aqidah Akhlak Melalui Metode (Satu Siswa Satu Cerita) SASISATA Di Madrasah Tsanawiyah al-Badri Gumuksari Kalisat Jember.

Pratiwi, Deby Yuniar (2018) Pembelajaran Aqidah Akhlak Melalui Metode (Satu Siswa Satu Cerita) SASISATA Di Madrasah Tsanawiyah al-Badri Gumuksari Kalisat Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Deby Yuniar Pratiwi_084141431.pdf

Download (7MB)

Abstract

Metode yang efektif dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam, khususnya pada mata pelajaran Aqidah Akhlak salah satunya adalah metode (Satu Siswa Satu Cerita) SASISATA metode ini lebih dikenal dengan metode kisah atau cerita. Dalam metode ini teknik yang digunakan adalah mengungkapkan peristiwa-pristiwa bersejarah yang bersumber dari Al-Qur’an. Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah sebagai bagian integral dari pembelajaran agama, Aqidah Akhlak memang bukan satu-satuya faktor yang menentukan dalam pembentukan watak dan kepribadian siswa. Tetapi secara substansial mata pelajaran Aqidah Akhlak memiliki konstribusi dalam memberikan motivasi kepada siswa untuk mempraktikkan nilai-nilai keyakinan keagamaan (tauhid) dan akhlaqul karimah dalam kehidupan sehari-hari Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Aqidah Akhlak Melalui Metode SASISATA Di MTs al-Badri Gumuksari Kalisat Jember? 2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Aqidah Akhlak Melalui Metode SASISATA Di MTs al-Badri Gumuksari Kalisat Jember? dan 3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Aqidah Akhlak Melalui Metode SASISATA Di MTs al-Badri Gumuksari Kalisat Jember? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mengulas: 1) Perencanaan Pembelajaran Aqidah Akhlak Melalui Metode SASISATA Di MTs al-Badri Gumuksari Kalisat Jember 2) Pelaksanaan Pembelajaran Aqidah Akhlak Melalui Metode SASISATA Di MTs al-Badri Gumuksari Kalisat Jember. dan 3) Evaluasi Pembelajaran Aqidah Akhlak Melalui Metode SASISATA Di MTs al- Badri Gumuksari Kalisat Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, pengumpulan data, dan verification atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah, 1) Perencenaan pembelajaran disusun berdasarkan kaleder pendidikan yang disesuaikan dengan Pondok Pesantren. Prota dan Promes yang dirancang menyesuaikan dengan kebutuhan atau sesuai dengan kalender pendidikan. Sedangkan Silabus dan RPP yang dibuat sama dengan materi Aqidah yang lain namun metode yang digunakan adalah metode SASISATA. 2) Pelakasanaan pembelajaran siswa secara individu mengembangkan cerita di depan kelas dengan tema yang telah ditentukan dan menggunakan media yang cukup sederhana. Dan, 3) Evaluasi yang digunakan adalah autententik assesment yang meliputi penilaian kinerja dengan indikator keterampilan berbahasa, body lnguage dan pemahaman materi cerita, dan penilaian proyek berupa pemberian tugas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:52
Last Modified: 27 Mar 2023 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20994

Actions (login required)

View Item View Item