Penerapan metode Al-Barqy dalam membaca alQur’an di Taman Pembinaan Anak Sholeh (TAPAS) Ar-Rahmah Sumber Taman Wonoasih Probolinggo tahun 2018.

Rahmah, Faiqqotur (2018) Penerapan metode Al-Barqy dalam membaca alQur’an di Taman Pembinaan Anak Sholeh (TAPAS) Ar-Rahmah Sumber Taman Wonoasih Probolinggo tahun 2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Faiqqotur Rahmah_084 141 129.pdf

Download (5MB)

Abstract

Indonesia adalah negara yang memiliki populasi umat Islam terbesar di seluruh dunia. Menurut Badan Pusat Statistik tahun 2015, terdapat kurang lebih sekitar 87,2 persen pemeluk Agama Islam di Indonesia. Namun, dari sekian banyak umat Islam di Indonesia, yang tidak bisa membaca al-Qur’an sekitar 54 persen. Hal ini merupakan fenomena yang menunjukkan bahwa mayoritas umat Islam di Indonesia masih banyak yang tidak bisa membaca al-Qur’an, padahal alQur’an menjadi pedoman hidup yang harus dibaca, ditulis, dipelajari, dipahami, diamalkan dan dihafalkan oleh umat Islam itu sendiri. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan penerapan metode Al-Barqy dalam membaca al-Qur’an di Taman Pembinaan Anak Sholeh Ar-Rahmah Sumber Taman Wonoasih Probolinggo tahun 2018?; 2) Bagaimana pelaksanaan penerapan metode Al-Barqy dalam membaca al-Qur’an di Taman Pembinaan Anak Sholeh Ar-Rahmah Sumber Taman Wonoasih Probolinggo tahun 2018?; 3) Bagiamana evaluasi penerapan metode Al-Barqy dalam membaca al-Qur’an di Taman Pembinaan Anak Sholeh Ar-Rahmah Sumber Taman Wonoasih Probolinggo tahun 2018?. Tujuan peelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan penerapan metode Al-Barqy dalam membaca al-Qur’an di Taman Pembinaan Anak Sholeh ar-Rahmah Sumber Taman Wonoasih Probolinggo tahun 2018; 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan metode Al-Barqy dalam membaca al-Qur’an di Taman Pembinaan Anak Sholeh ar-Rahmah Sumber Taman Wonoasih Probolinggo tahun 2018; 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi penerapan metode Al-Barqy dalam membaca al-Qur’an di Taman Pembinaan Anak Sholeh ar-Rahmah Sumber Taman Wonoasih Probolinggo tahun 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya adalah informan yang mengetahui tentang penelitian ini adalah Ketua Yayasan, Kepala, Ustadz-Ustadzah, Santriwan-santriwati Taman Pembinaan Anak Sholeh (TAPAS) Ar-Rahmah. Teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian penerapan metode Al-Barqy dalam membaca alQur’an di Taman Pembinaan Anak Sholeh Ar-Rahmah Sumber Taman Probolinggo tahun 2018 adalah: 1) Perencanaan penerapan metode Al-Barqy dalam membaca al-Qur’an meliputi penentuan tujuan Al-Barqy yang sesuai dengan tujuan secara umum dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan, penentuan materi pembelajaran yang berdasarkan materi dari pusat, yaitu 19 materi. Penentuan metode dan media, penentuan metode meliputi metode klasikal dan metode individual, sedangkan penentuan media meliputi buku Al-Barqy,papan tulis, alat peraga, kaset Al-Barqy, pena. Penentuan alokasi waktu yaitu 1 jam pembelajaran atau 60 menit, 30 menit untuk pembelajaran menggunakan metode klasikal, dan 30 menit untuk pembelajaran menggunakan metode individual; 2) Pelaksanaan penerapan metode Al-Barqy dalam membaca alQur’an meliputi kegiatan pendahuluan yang terdiri dari mengucapkan salam, do’a pembukan, penyampaian tujuan pembelajaran, ustadz-ustadzah memberikan motivasi dan apersepsi. Kegiatan inti meliputi penyampaian materi yang terdiri dari 4 langkah yaitu: ustadz-ustadzah menjelaskan meteri, ustadz-ustadzah menjelaskan makhraj dan tajwid pada materi yang sedang dipelajari, ustadzustadzah membaca dan santriwan santriwati menirukan dan diulang-ulang, ustadzustadzah memberikan evaluasi. Kegiatan penutup meliputi evaluasi, motivasi dan salam. Pemanfaatan metode pembelajarannya yaitu metode klasikal dan individual. pemanfaatan media pembelajarannya yaitu menggunakan buku alBarqy, alat peraga, buku penghubung, papan tulis dan lain-lain. Pemanfaatan alokasi waktunya yaitu 1 jam atau 60 menit, 30 menit klasikal, 30 menit individual; 3) Evaluasi penerapan metode Al-Barqy dalam membaca al-Qur’an di Taman Pembinaan Anak Sholeh Ar-Rahmah adalah evaluasi formatif (harian) melalui pembelajaran menggunakan metode Individual, kalau Al-Barqy sudah khatam, maka langsung naik ke tingkat al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:52
Last Modified: 27 Mar 2023 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20995

Actions (login required)

View Item View Item