Peran Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Kompetensi Guru di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Isma, Faizatul (2018) Peran Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Kompetensi Guru di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Faizatul Isma_084 141 392.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kompetensi merupakan seperangkat kemampuan yang harus dimiliki oleh guru agar tujuan dari pembelajaran bisa tercapai dengan baik. Adapun 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru antara lain: kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Kepala madrasah/sekolah merupakan sosok yang sangat berperan dalam mengembangkan kompetensi guru yang ada dilembaganya.. Adapun fokus penelitian meliputi (1) bagaimana peran kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi pedagogik di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Balung Kabupaten Jember (2) bagaimana peran kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi profesional di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Balung Kabupaten Jember? (3) bagaimana peran kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi kepribadian di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Balung Kabupaten Jember? (4) bagaimana peran kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi sosial di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Balung Kabupaten Jember? Adapun tujuan sebagai berikut (1) Mendeskripsikan peran Kepala Madrasah dalam pengembangan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Balung Jember (2) Mendeskripsikan peran Kepala Madrasah dalam pengembangan kompetensi profesional guru di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Balung Jember (3) Mendeskripsikan peran Kepala Madrasah dalam pengembangan kompetensi kepribadian/personal guru di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Balung Jember (4) Mendeskripsikan peran Kepala Madrasah dalam pengembangan kompetensi sosial guru di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Balung. Menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan informan menggunakan cara purposive yang dalam teknisnya memilih orang-orang yang mengerti dengan obyek yang akan diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi, data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan (1) peran kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru selama ini mewajibkan para guru untuk ikut serta kegiatan MGMP, workshop, mengoptimalkan media yang ada disekolah (2) peran yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi profesional adalah dengan cara mengikut sertakan para guru dalam kegiatan MGMP. (3) peran kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi kepribadian guru melalui pemberian tata tertib untuk siswa namun juga untuk guru (4) peran kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi sosial guru melalui kegiatan kegiatan rutin pertemuan guru, kumpulan wali murid, kerja kelompok untuk siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:52
Last Modified: 27 Mar 2023 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20997

Actions (login required)

View Item View Item