Memperkukuh Eksistensi Kebinekaan melalui Pendidikan Religiositas di SMA Katolik Santo Paulus Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Mukarromah, Iana Rosyidatul (2018) Memperkukuh Eksistensi Kebinekaan melalui Pendidikan Religiositas di SMA Katolik Santo Paulus Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Iana Rosyidatul Mukarromah_084 141 389.pdf

Download (5MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Banyaknya pulau yang tersebar di Indonesia, menjadikan negara ini disebut sebagai negara multikultur yang memiliki berbagai macam kebinekaan khususnya agama. Kebinekaan tersebut bukan untuk dipertentangkan, melainkan kebinekaan tersebut merupakan anugrah Tuhan yang patut di syukuri dan dijaga keutuhannya dengan melalui Pendidikan Religiositas sebagaimana yang diterapkan di SMA Katolik Santo Paulus Jember. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya dalam memperkukuh eksistensi kebinekaan melalui pendidikan religiositas di SMA Katolik Santo Paulus Jember tahun pelajaran 2017/2018? 2) Apa saja regulasi yang mendukung dalam memperkukuh eksistensi kebinekaan melalui pendidikan religiositas di SMA Katolik Santo Paulus Jember tahun pelajaran 2017/2018? 3) Apa saja problematika dalam memperkukuh eksistensi kebinekaan melalui pendidikan religiositas di SMA Katolik Santo Paulus Jember tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan upaya dalam memperkukuh eksistensi kebinekaan melalui pendidikan religiositas di SMA Katolik Santo Paulus Jember tahun pelajaran 2017/2018. 2) Untuk mendeskripsikan regulasi yang mendukung dalam memperkukuh eksistensi kebinekaan melalui pendidikan religiositas di SMA Katolik Santo Paulus Jember tahun pelajaran 2017/2018. 3) Untuk mendeskripsikan problematika dalam memperkukuh eksistensi kebinekaan melalui pendidikan religiositas di SMA Katolik Santo Paulus Jember tahun pelajaran 2017/2018. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Upaya yang dilakukan dalam memperkukuh kebinekaan adalah melalui proses pendidikan religiositas dengan mengedepankan sikap nasionalis, meyakinkan peserta didik terhadap ajaran agama yang dianut, serta dialog antar agama. 2) Regulasi yang mendukung adalah adanya Visi dan Misi sekolah serta Buku Prestasi dan Disiplin. 3) Problematika terjadi dalam proses pembelajaran pendidikan religiositas dimana guru harus mempelajari semua agama yang ada, dan peserta didik kurang memahami ajaran agama yang dianut, serta peseta didik yang tidak aktif dalam proses pembelajaran pendidikan religiositas. Kata Kunci: Kebinekaan, Pendidikan Religiositas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:52
Last Modified: 27 Mar 2023 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20999

Actions (login required)

View Item View Item