IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI PASAR SYARIAH AZ-ZAITUN 1 SURABAYA

DEVI NURMALIKA SARAH W, 083122117 (2016) IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI PASAR SYARIAH AZ-ZAITUN 1 SURABAYA. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (579kB) | Preview

Abstract

Devi Nurmalika S W, 2016: Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi
Jual Beli di Pasar Syariah Az-Zaitun 1 Surabaya.

Pasar syariah az-Zaitun 1 merupakan salah satu pasar tradisional yang terletak
di Tenggilis Mejoyo Kutisari Selatan Surabaya. Pasar syariah az-Zaitun 1
memiliki perbedaan dengan pasar tradisional pada umunya dikarenakan memiliki
nilai-nilai syariah yang diterapkan dalam peraturan-peraturan yang ada disana,
diantaranya yakni: 1) Barang yang diperdagangkan halal 2) Timbangan harus
tepat 3) Bersih 4) Jujur 5) Persaudaraan antar pedagang 6) Tidak Merokok 7)
Murah Meriah. Konsep ini apabila dijalankan dengan benar diharapkan dapat
menjadi prototipe pasar yang berpihak pada rakyat, konsumen, dan pelaku usaha.
Berdasarkan keterangan adanya berbagai aturan syariah yang ada di pasar
tersebut, peneliti bermaksud ingin mengkaji lebih dalam bagaimana penerapan
etika bisnis Islam dalam transaksi jual beli di pasar syariah az-Zaitun 1?
Dalam hal ini, fokus penelitian dikembangkan pada dua fokus yakni 1)
Bagaimana implementasi etika bisnis Islam dalam transaksi jual beli di pasar
syariah az-Zaitun 1? 2) Bagaimana praktek transaksi jual beli di pasar syariah azZaitun
1?.
Berpijak
pada
fokus
penelitian
di
atas
maka
tujuan
penelitian
ini
antara

lain
1)
Mendeskripsikan
implementasi
etika
bisnis
Islam
dalam
transaksi
jual
beli

di

pasar syariah az-Zaitun 1. 2) Mendeskripsikan praktek transaksi jual beli di
pasar syariah az-Zaitun 1.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan jenis
penelitian kualitatif deskriptif yang berlokasi di Pasar Syariah Az-Zaitun 1
Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni, wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Adapun untuk menguji keabsahan data penulis
menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1)
Prinsip-prinsip etika bisnis Islam sudah diterapkan di pasar syariah az-Zaitun 1, di
antaranya prinsip kejujuran, prinsip amanah, prinsip keterbukaan dan prinsip
pelayanan yang baik. Hanya saja prinsip-prinsip syariah yang menjadi aturan di
pasar tersebut kurang berjalan optimal dikarenakan belum adanya hisbah atau
pengawas. 2) Pelaksanaan jual beli di pasar syariah az-Zaitun 1 telah dilakukan
dengan baik. Seluruh rukun jual beli telah terpenuhi di antaranya yakni, adanya
penjual, adanya pembeli, adanya ma’qud ‘alaih (barang yang diperjualbelikan),
dan shighat (ijab dan kabul). Tidak ditemukannya kecurangan-kecurangan dalam
bertransaksi karena berdasarkan pengakuan beberapa pembeli mengaku puas
berbelanja di pasar syariah az-Zaitun 1

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: ETIKA BISNIS ISLAM
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2201 Applied Ethics > 220102 Business Ethics
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 02 Nov 2017 02:24
Last Modified: 02 Nov 2017 02:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/210

Actions (login required)

View Item View Item