Habibi, Rofiki (2016) Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Produksi Pemotongan Ayam Potong Di Pasar Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
ROFIKI HABIBI_083 122 096.pdf Download (4MB) |
Abstract
Konsumsi daging ayam potong dimasyarakat cukup tinggi karena harga ayam potong lebih murah dibandingkan harga daging lainnya, maka produksi pemotongan ayam potong ini sangat baik untuk dikembangkan di masyarakat sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Namun kita masih sering mendengar cerita tentang kecurangan yang dilakukan masyarakat dalam produksi pemotongan ayam potong ini, bagaimana sebenarnya praktek pemotongan ayam potong itu menjadi menarik untuk di teliti. Fokus penelitian ini 1) Bagaimana Prosedur Pemotongan Ayam Potong Di Pasar Rambipuji? 2) Bagaimana Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Produksi Pemotongan Ayam Potong di Pasar Rambipuji?. Tujuan penelitian ini 1) Untuk mendeskripsikan Prosedur Pemotongan Ayam potong di Pasar Rambipuji. 2) Untuk mendeskripsikan Implementasi Etika Bisnis Islam dalam produksi pemotongan ayam potong di pasar Rambipuji. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan dalam penelitian ini 1.) Prosedur pemotongan ayam potong di pasar Rambipuji mencakup beberapa prosedur yaitu menyortir Ayam Potong yang sehat untuk di potong kemudian menyiapkan pisau yang telah di asah kemudian di gunakan untuk memotong dan sebelum memotong ayam potong dengan menyebut nama Allah setelah itu ayam direndam kedalam air panas lalu di masukan dalam mesin bubut setelah itu dibersikan sisa bulu Ayam kemudian di robek perut ayam untuk dibersikan jeroan ayam lalu dibersikan dengan air bersih kemudian di rendam dalam air panas lalu ayam disiapkan untuk dipasarkan. 2) Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Produksi Pemotongan Ayam Potong di pasar Rambipuji yaitu kejujuran merupakan peroritas terutama dalam etika bisnis. Dalam hal ini kejujuran menjadi patokan yang sangat erat dalam menjalankan bisnis dengan tidak melanggar norma agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2201 Applied Ethics > 220102 Business Ethics |
Divisions: | Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 06:52 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 06:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21000 |
Actions (login required)
View Item |