upaya kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Huda kecamatan Jenggawah kabupaten Jember.

Wulandari, Ika (2018) upaya kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Huda kecamatan Jenggawah kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ika Wulandari _084143054.pdf

Download (5MB)

Abstract

kepala madrasah dapat didefenisikan sebagai seorang tenaga fungsional guru yang diberi tugas tambahan untuk memimpin suatu madrasah dimana terjadi interaksi antara guru yang memberi pelajaran dan murid yang menerima pelajaran upaya kepala madrasah benar-benar diharapkan untuk meningkatkan kinerja para guru dengan memberi motivasi dan inspirasi untuk bawahannyadengan tujuan bisa menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Upaya Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Klinis Di MI Tarbiyatul Huda Kcamatan Jenggawah Kabupaten Jember? 2) Bagaimana Upaya Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Pengajaran Di MI Tarbiyatul Huda Kcamatan Jenggawah Kabupaten Jember? Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendiskripsikan Upaya Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Klinis di MI Tarbiyatul Huda Kcamatan Jenggawah Kabupaten Jember. 2) Untuk mendiskripsikan Upaya Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Pengajaran di MI Tarbiyatul Huda Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis data kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Upaya Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Klinis di MI Tarbiyatul Huda Kcamatan Jenggawah Kabupaten Jember meningkatkan kinerja guru melalui supervisi klinis adalah bahwa kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru melalui supervisinya kepala madrasah secara rutin malukakan kunjungan kelas, dan pembicaraan individual serta membantu para guru dengan melakukan monitoring dan evaluasi baik secara langsung maupun tidak langsung dan kepala madrasah juga menyarankan kepada para guru untuk mengikuti pelatihan-pelatihan seperti workhsop dan diklat yang sesuai dengan bidangnya masing-masing. 2) Upaya Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Pengajaran di MI Tarbiyatul Huda Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember dengan memberikan masukan dan saran kepada para guru yang tidak sesuai serta belajar bersama-sama untuk memakai sistem pengajaran yang baru dengan mengacu pada kurikulum yang sedang berlaku serta malakukan penilaian terhadap perangkat pembelajarann serta membentuk tim khusus supervisor untuk membantunya dengan tujuan agar semua guru dapat disupervisi tepat waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:52
Last Modified: 27 Mar 2023 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21001

Actions (login required)

View Item View Item