Penerapan Pendidikan Sufistik Untuk Menumbuhkan Akhlak Santri Pondok Pesantren Nurul Falah Sempusari Kaliwates Jember.

Rohman, Ilham (2018) Penerapan Pendidikan Sufistik Untuk Menumbuhkan Akhlak Santri Pondok Pesantren Nurul Falah Sempusari Kaliwates Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ilham Rohman_084141091.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pendidkan sufistik adalah usaha manusia untuk menumbuh kembangkan potensi-potensi bawaan baik jasmani maupun rohani, dengan pendekatan materimateri tasawuf atau lebih mengedepankan aspek batin, daripada lahiriah atau dengan menggunakan materi-materi sufisme, yang di dalamnya terdapat aspekaspek yang berhubungan dengan akhlak, baik akhlak kepada Allah, Rosulullah, kepada sesama manusia bahkan akhlak kepada semua ciptaan Tuhan seperti tawadlu’, ikhlas, tasamuh, kasih sayang terhadap sesama dan lain-lain. Dan pada akhirnya agar manusia dapat mendekatkan diri kepada Allah sedekat-dekatnya, memperoleh rahmat dan kasih sayang disisi-Nya. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana Penerapan pendidikan sufistik untuk menumbuhkan akhlak santri di Pondok Pesantren Nurul Falah Sempusari Kaliwates Jember? 2. Apa media yang digunakan dalam penerapan pendidikan sufistik untuk menumbuhkan akhlak santri di Pondok Pesantren Nurul Falah Sempusari Kaliwates Jember? Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan penerpan dan media yang digunkana dalam Pendididkan Sufistik untuk menumbuhkan akhlak santri pondok pesantren Nurul Falah Sempusari Kaliwates Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif karena penelitian yang akan dilakukan ini untuk mendeskripsikan tentang penerapan pendidikan sufistik untuk menumbuhkan akhlak santri di Pondok Pesantren Nurul Falah Sempusari Kaliwates Jember. Data yang dihasilkan berupa kata-kata tertulis atau dari lisan orang-orang yang diamati secara intensif, terici, dan mendetail. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan bebas terpimpin, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1. Penerapan pendidikan sufistik ini di terapakan melalui thoriqoh naqsabandiyah mujaddiyah kholidiyah dengan beberapa cara yaitu bai’at, khalwat, khatmi khawajagan, yang akhirnya akan membentuk santri berakhlakul karimah, akhlak kepada Allah SWT maupun kepada sesama manusia; 2. Media yang digunakan ketiga cara penerapan pendidikan sufistik adalah berupa buku pedoman thoriqoh yang berisi tatacara, aturan dalam berthoriqoh, dan setiap santri yang sudah di bai’at menjadi ikhwan thoriqoh, wajib mempunyai dan mengamalkan apa yang ada dalam buku pedoman tersebut. Namun proses dari masing-masing cara penerapan pendidikan sufistik berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:52
Last Modified: 27 Mar 2023 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21002

Actions (login required)

View Item View Item