Haqi, Rotibul (2015) Penerapan Metode Quantum Teaching Dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII E di SMPN 6 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
ROTIBUL HAQI_084 111 277.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kualitas dan keberhasilan pembelajaran yang dilakukan sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru dalam memilih, menyampaikan, menggunakan berbagai sarana, serta fasilitas ataupun metode pembelajaran yang digunakan. Proses pembelajaran PAI guru masih menerapkan metode pembelajaran yang monoton yaitu ceramah. Dimana guru menerangkan, siswa mendengarkan apa yang disampaikan guru hingga proses belajar mengajar berakhir tanpa ada kesempatan untuk mengembangkan daya kreatifitas yang dimilik isiswa. Dengan kondisi seperti itu menyebabkan proses pembelajaran kurang kondusif, membosankan, menjenuhkan, serta membuat minat belajar siswa menurun. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah Quantum Teaching. Quantum Teaching adalah metode yang menguraikan cara-cara baru yang memudahkan proses belajar lewat pemaduan unsure seni serta penggubahan belajar yang meriah, dengan segala nuansanya. Penelitian ini mengangkat fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana Perencanaan Metode Quantum Teaching dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI kelas VII E di SMP Negeri 6 Jember? 2) Bagaimana Pelaksanaan Metode Quantum Teaching dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI kelas VII E di SMP Negeri 6 Jember? 3) Bagaimana Evaluasi Metode Quantum Teaching dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI kelas VII E di SMP Negeri 6 Jember?. Tujuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan Perencanaan Metode Quantum Teaching dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI kelas VII E di SMP Negeri 6 Jember. 2)Mendeskripsikan Pelaksanaan Metode Quantum Teaching dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI kelas VII E di SMP Negeri 6 Jember. 3) Mendeskripsikan Evaluasi Metode Quantum Teaching dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI kelas VII E di SMP Negeri 6 Jember. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi terhadap data-data yang diperlukan. Tekhnik analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif mempunyai langkah-langkah sebagai berikut yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta validitas data. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Quantum Teaching Dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa kelas VII E di SMPN 6 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015 terdiri dari tiga digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id vii tahap yaitu 1) Perencanaan Metode Quantum Teaching dalam rangka Meningkatkan Prestasi Belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI kelas VII E di SMP Negeri 6 Jember yaitu Guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan langkahlangkah yang dikenal sebagai singkatan TANDUR Yaitu Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan. 2) Pelaksanaan Metode Quantum Teaching dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII E di SMP Negeri 6 Jember berpedoman pada konsep asas utama Quantum Teaching yaitu: Bawalah dunia mereka kedunia kita dan antarkan dunia kita kedalam dunia mereka. 3) Evaluasi Metode Quantum Teaching dalam rangka Meningkatkan Prestasi Belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI kelas VII E di SMP Negeri 6 Jember terdiri dari tiga aspek yaitu penilaian aspek Kognitif,Aspek Afektif dan Psikomotorik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 06:52 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 06:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21003 |
Actions (login required)
View Item |