Analisis Penerapan Sistem Layanan Jemput Bola Dalam Meningkatkan Motivasi Menabung Nasabah Pada BMT UGT Sidogiri Ganding Guluk-Guluk Sumenep Madura.

Nur, Salimah (2018) Analisis Penerapan Sistem Layanan Jemput Bola Dalam Meningkatkan Motivasi Menabung Nasabah Pada BMT UGT Sidogiri Ganding Guluk-Guluk Sumenep Madura. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SALIMAH NUR_083143076.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pentingnya pemasaran dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat akan suatu produk atau jasa. Pemasaran dapat dilakukan dalam rangka menghadapi pesaing yang dari waktu ke waktu semakin meningkat dan dengan banyaknya lembaga keuangan yang berdiri. BMT UGT Sidogiri Ganding memiliki strategi dalam mempertahankan eksistensinya di dunia bisnis islam yaitu dengan adanya sistem layanan jemput bola. Di dalam tugas akhir ini terdapat tiga rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimanakah implementasi sistem layanan jemput bola pada BMT UGT Sidogiri Ganding Guluk-Guluk Sumenep Madura (2) Bagaimanakah motivasi menabung nasabah dengan adanya sistem layanan jemput bola yang diterapkan BMT UGT Sidogiri Ganding Guluk-Guluk Sumenep Madura dan (3) Bagaimanakah motivasi calon nasabah terhadap sistem layanan jemput bola yang diterapkan BMT UGT Sidogiri Ganding Guluk-Guluk Sumenep Madura. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, sedangkan pendekatan yang dilakukan oleh penulis dengan pendekatan kualitatif yang menekankan pada proses analisisnya pada perolehan deskriptif. Sumber data yang diperoleh penulis adalah berasal dari sumber data primer antara lain dari proses wawancara dan observasi. Sumber data kedua adalah sumber data sekunder adalah dengan mencari sumber pendukung yang berkaitan dengan Tugas Akhir ini. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Strategi yang dilakukan oleh BMT UGT Sidogiri Ganding yaitu pemasaran jemput bola. Dalam melaksanakan strategi pemasaran jemput bola pihak BMT UGT Sidogiri Ganding dapat dikatakan efektif, dimana pihak BMT tidak menunggu calon nasabah untuk datang menjadi nasabah, namun pihak BMT yang harus proaktif dalam mencari nasabah. Kedua, strategi dalam layanan jemput bola ini mampu memotivasi nasabah dalam menabung Sejumlah motif yang mendorong nasabah menabung melalui layanan jemput bola antara lain: Sebagai sarana edukasi, Sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan dimasa yang akan datang, Sistem yang diterapkan BMT UGT Sidogiri memudahkan nasabah, Mengetahui atau kenal dengan pengelola BMT. Ketiga, calon nasabah bisa mengaplikasikan dengan berbagai macam motif. Ada yang menabung melalui layanan jemput bola sebagai sarana edukasi, ada juga untuk kebutuhan masa mendatang, untuk memudahkan calon nasabah, merupakan sistem yang tidak memaksa, simpel dan untuk memuaskan rasa aman karena kenal dengan pengelola atau petugas BMT UGT Sidogiri Ganding Guluk-Guluk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:52
Last Modified: 27 Mar 2023 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21004

Actions (login required)

View Item View Item