Analisis Strategi Pengembangan Pasar Pada Usaha Kecil Zabdan Handicraft Di Desa Bagon Kecamatan Puger Kabupaten Jember.

Laksono, Shodikin Wahyudi (2017) Analisis Strategi Pengembangan Pasar Pada Usaha Kecil Zabdan Handicraft Di Desa Bagon Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Shodikin Wahyudi Laksono_083 134 106.pdf

Download (4MB)

Abstract

Zabdan Handicraft adalah salah satu usaha kecil yang ada di Kabupaten Jember. Meski usaha Zabdan ini termasuk usaha yang kecil namun untuk pemasarannya sudah sampai ke luar negeri. Ada beberapa strategi yag dilakukan oleh Zabdan Handicraft untuk bisa mengembangkan usahanya, sehingga bisa bersaing dengan usaha yang lebih besar dari usaha ini. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana strategi produk yang dilakukan oleh usaha kecil Zabdan Handycraft di Desa Bagon? 2)Bagaimana strategi harga yang dilakukan oleh usaha kecil Zabdan Handycraft di Desa Bagon Kecamatan Puger Kabupaten Jember ? 3)Bagaimana strategi promosi yang dilakukan oleh usaha kecil Zabdan Handycraft di Desa Bagon? 4)Bagaimana strategi distribusi yang dilakukan oleh usaha kecil Zabdan Handycraft di Desa Bagon ? 5) Apakah strategi marketing mix yang dilakukan berperan terhadap pengembangan pasar Zabdan Handicraft ? Tujuan penelitian ini antara lain adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana strategi produk yang dilakukan oleh usaha kecil Zabdan Handycraft di Desa Bagon dalam mengembangkan usahanya. 2)Untuk mengetahui bagaimana strategi harga yang dilakukan oleh usaha kecil Zabdan Handycraft di Desa Bagon. 3)Untuk mengetahui bagaimana strategi promosi yang dilakukan oleh usaha kecil Zabdan Handycraft di Desa Bagon. 4)Untuk mengetahuibagaimana strategi distribusi yang dilakukan oleh usaha kecil Zabdan Handycraft di Desa Bagon. 5)Untuk mengetahui apakah marketing mix berperan terhadap perkembangan pasar usaha Zabdan Handicraft. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data tersebut diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisa secara kualitatif deskriptif dan diuji keabsahannya dengan triangulasi teknik. Adapun kesimpulan dari penelitian ini bahwa: 1) Strategi yang diterapkan dalam strategi produk merupakan strategi citra merek, diversifikasi produk. 2) Strategi harga menggunakan strategi modifikasi harga terhadap bentuk dan pemberian bonus tambahan pada konsumen strategi, strategi harga dilakukan agar untuk memaksimalkan laba, memperluas market share dan mutu produk. 3) Strategi e-commerce adalah strategi mempromosikan produk lewat dunia maya, perbedaannya pun sangat berbeda sebelum dan sesudah menggunakan strategi promosi ini. 4) Strategi distribusi menggunakan dua model proses distribusi yaitu dari produsen langsung kepada konsumen dan juga produsen ke pengecer lalu ke konsumen. 5) Peran marketing mix sangat membantu dalam perkembangan usaha Zabdan Handicraft. Kata kunci : Usaha Kecil, Strategi Pemasaran, Strategi UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:52
Last Modified: 27 Mar 2023 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21007

Actions (login required)

View Item View Item