Pembinaan Akhlak Siswa terhadap Lingkungan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kencong Tahun Pelajaran 2017/2018.

Hadir, Sholeh (2017) Pembinaan Akhlak Siswa terhadap Lingkungan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kencong Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SHOLEH HADIR_084 131 307.pdf

Download (6MB)

Abstract

Akhlak merupakan pondasi utama bagi manusia dalam berperilaku, ketika akhlak seseorang itu baik maka secara tidak langsung hal- hal lain yang bersifat nyata seperti cara mereka bergaul, berbicara, berjalan dan berperilaku akan menggambarkan bagaimana akhlak orang tersebut. Akhlak tidak hanya merujuk keapada akhlak terhadap Allah dan terhadap sesama akan tetapi juga merujuk kepada akhlak terhadap lingkungan. SMA Negeri 1 Kencong merupakan sekolah berbasis adiwiyata yang berorientasi kepada kegiatan peduli lingkungan. Di sekolah tersebut terdapat kegiatan ekstrakurikuler Green Living Organization (GLO) yang di dalamnya terdapat beberapa program peduli lingkungan yang meliputi pengelolaan sampah, budidaya tanaman obat keluarga (TOGA) dan reboisasi. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pembinaan akhlak siswa terhadap lingkungan serta meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pembinaan akhlak siswa terhadap lingkungan melalui program pengelolaan sampah di SMA Negeri 1 Kencong Jember? (2) Bagaimana pembinaan akhlak siswa terhadap lingkungan melalui budi daya TOGA di SMA Negeri 1 Kencong Jember? (3) Bagaimana pembinaan akhlak siswa terhadap lingkungan melalui program reboisasi di SMA Negeri 1 Kencong Jember? Tujuan penelitian: (1) Mendeskripsikan pembinaan akhlak siswa terhadap lingkungan melalui program pengelolaan sampah di SMA Negeri 1 Kencong Jember. (2) Mendeskripsikan pembinaan akhlak siswa terhadap lingkungan melalui budidaya TOGA di SMA Negeri 1 Kencong Jember. (3) Mendeskripsikan pembinaan akhlak siswa terhadap lingkungan melalui program reboisasi di SMA Negeri 1 Kencong Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Penentuan subyek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik/metode. Hasi penelitian ini adalah: (1) Pembinaan akhlak siswa terhadap lingkungan melalui kegiatan pengelolaan sampah dilakukan dengan pemberian reward dan punishment, pemberian teladan atau contoh yang dilakukan oleh guru dan staf dan pemberian arahan atau pembinaan tentang menjaga lingkungan dari pencemaran sampah oleh guru PAI, pemberian ilustrasi mengenai dampak pencemaran lingkungan yang diakibatkan sampah. (2) Pembinaan akhlak siswa terhadap lingkungan yang dilakukan guru pembina dan guru PAI serta guru lain melalui program budidaya toga dilakukan dengan penanaman bibit, perawatan yang dilakukan secara rutin, mengolah tanaman dan memanfaatkannya menjadi obat, serta memberikan pemahaman terhadap siswa tentang keutamaan Allah menciptakan tanaman untuk menumbuhkan motivasi mereka dalam merawat serta menjaga alam. (3) Pembinaan akhlak siswa terhadap lingkungan melalui program reboisasi dilakukan dengan memberikan siswa wawasan tentang banyaknya bencana yang diakibatkan oleh kurangnya daerah hijau, melakukan penanaman atau reboisasi pada tempat tertentu dan melakukan perawatan secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1299 Other Built Environment and Design > 129999 Built Environment and Design not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:53
Last Modified: 27 Mar 2023 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21009

Actions (login required)

View Item View Item