Penerapan Model cooperative learning tipe Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Bahrul Amin Tahun Pelajaran 2017/2018

Ummah, Kismatil (2018) Penerapan Model cooperative learning tipe Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Bahrul Amin Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Kismatil Ummah _084 141 013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada zaman modern ini masih ada guru yang mengajar dengan menggunakan metodologi mengajar tradisional yang cenderung bersifat otoriter dan berpusat kepada guru. Perlu adanya paradigma baru yang menjadikan siswa sebagai pemeran aktif dalam mendiskusikan informasi dan jawaban berbagai masalah dalam diskusi, menciptakan diskusi yang aktif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model Cooperative Learning tipe snowball throwing merupakan suatu cara untuk membuat variasi suasana pola diskusi. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah:1). Bagaimana perencanaan model cooperative learning tipe Snowball Throwing pada mata pelajaran PAI di SMP Islam Bahrul Amin Tahun Pelajaran 2017/2018? 2). Bagaimana pelaksanaan model cooperative learning tipe Snowball Throwing pada mata pelajaran PAI di SMP Islam Bahrul Amin Tahun Pelajaran 2017/2018? 3). Bagaimana evaluasi model pembelajaran cooperative learning tipe Snowball Throwing pada mata pelajaran PAI di SMP Islam Bahrul Amin Tahun Pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: Untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi model cooperative learning tipe Snowball Throwing pada mata pelajaran PAI di SMP Islam Bahrul Amin Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripsif dengan jenis penelitian lapangan (field Research) dengan pandangan fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi partisipatif, wawancara semi terstruktur dan dokumenter. Analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman mulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1). Perencanaan pembelajaran meliputi silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), sesuai Permendikbud No 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, Serta membuat handout sebagai tambahan referensi. Pada komponen RPP khususnya pada metode pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran, tergambarkan bahwa guru PAI menerapkan model cooperative learning tipe Snowball Throwing pada mata pelajaran PAI yaitu pada pertemuan pertama Materi perilaku terpuji (kerja keras, tekun, ulet dan teliti). 2). Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Pada kegiatan inti terdapat tahap-tahap penerapan model cooperative learning tipe Snowball Throwing yang dalam pelaksanaannya guru mata pelajaran PAI sedikit memodifikasi model tersebut 3). Proses evaluasi menggunakan evaluasi formatif , dengan menggunakan penilaian tes tulis, dan lisan. Evaluasi ini lebih menekankan pada aspek kognitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:53
Last Modified: 27 Mar 2023 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21010

Actions (login required)

View Item View Item