Hubungan Pelaksanaan Shalat Tahajjud Terhadap Kecerdasan Emosional Santri Putri Di Pondok Pesantren Al- Qodiri 1 Jember.

Qurniawati, Shoviana Eka (2015) Hubungan Pelaksanaan Shalat Tahajjud Terhadap Kecerdasan Emosional Santri Putri Di Pondok Pesantren Al- Qodiri 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Shoviana Eka Qurniawati_084111053.pdf

Download (6MB)

Abstract

Shalat tahajjud merupakan salah satu shalat sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah saw. yang dilaksanakan pada malam hari setelah bangun dari tidur. Dengan melaksanakan shalat tahajjud dengan rutin diharap dapat meningkatkan kecerdasan emosional santri putri. Apabila santri putri senantiasa melaksanakan shalat tahajjud akan memiliki suatu kecerdasan sosial untuk dapat membina hubungan baik dengan orang-orang disekitarnya, memiliki kepekaan hati yaitu hati yang mudah menerima nasihat kebaikan dan kebenaran, hati yang dipenuhi dengan kelembutan dan belas kasih serta hati yang memiliki ketajaman terhadap hidayah dan petunjuk dari Allah SWT, serta memiliki akhlakul karimah yang dalam hal ini merupakan bentuk dari kecerdasan emosional. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini meliputi, Pokok Masalah : Adakah hubungan pelaksanaan shalat tahajjud terhadap kecerdasan emosional santri putri di Pondok Pesantren Al- Qodiri 1 Jember ? dan Sub Pokok Masalah: 1) Adakah hubungan pelaksanaan shalat tahajjud terhadap ranah Intrapribadi santri putri di Pondok Pesantren Al- Qodiri 1 Jember ? 2) Adakah hubungan pelaksanaan shalat tahajjud terhadap ranah Antarpribadi santri putri di Pondok Pesantren Al- Qodiri 1 Jember ? Tujuan penelitian ini meliputi, Tujuan Umum: Untuk menjelaskan hubungan pelaksanaan shalat tahajjud terhadap kecerdasan emosional santri putri di Pondok Pesantren Al- Qodiri 1 Jember. Dan Tujuan Khusus: 1) Untuk menjelaskan hubungan pelaksanaan shalat tahajjud terhadap ranah intrapribadi santri putri di Pondok Pesantren Al- Qodiri 1 Jember. 2) Untuk menjelaskan hubungan pelaksanaan shalat tahajjud terhadap ranah antarpribadi santri putri di Pondok Pesantren Al- Qodiri 1 Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik yang digunakan dalam menentukan sampel menggunakan proportional random sampling. Untuk menganalisis data penelitian menggunakan rumus product moment, dengan rumus : Hasil penelitian secara umum dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan pelaksanaan shalat tahajud terhadap kecerdasan emosional santri putri di Pondok Pesantren Al- Qodiri 1 Jember. Hasil penelitian secara khusus dapat disimpulkan; 1) bahwa terdapat hubungan pelaksanaan shalat tahajud terhadap ranah intrapribadi santri putri di Pondok Pesantren Al- Qodiri 1 Jember. 2) bahwa terdapat hubungan pelaksanaan shalat tahajud terhadap ranah antarpribadi santri putri di Pondok Pesantren Al- Qodiri 1 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:53
Last Modified: 27 Mar 2023 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21011

Actions (login required)

View Item View Item