Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kehidupan Sehari-Hari (Telaah Buku Sejuta Pelangi; Pernik Cinta Oki Setiana Dewi Karya Oki Setiana Dewi)

Hobibah, Siti (2015) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kehidupan Sehari-Hari (Telaah Buku Sejuta Pelangi; Pernik Cinta Oki Setiana Dewi Karya Oki Setiana Dewi). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Hobibah_084 111 360.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kebutuhan akan pengetahuan dapat dengan mudah dipelajari seiring berkembangnya teknologi dan informasi. Fenomena ini membuat manusia mudah memperoleh yang diinginkannya tanpa berfikir panjang. Apabila perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi disikapi dengan salah maka akan berdampak negatif, begitu pula sebaliknya. Buku merupakan salah satu media yang juga menyediakan informasi, keberadaannya pun masih dibutuhkan oleh para penikmat buku. Variasi buku yang bermacam-macam isinya dapat mempermudah para pembaca untuk memilih sesuka hati apa yang ingin diperolehnya. Buku Sejuta Pelangi ; Pernik Cinta Oki Setiana Dewi adalah salah satu buku yang ditulis oleh aktris muslimah Oki Setiana Dewi. Di dalamnya berisi tentang kisah orang-orang yang luas biasa, penuh dengan motivasi dan nilai keislaman. Hal tersebut seakan memberi pencerahan kepada pembaca bahwa belajar suatu hal itu tidah hanya bisa didapatkan dengan belajar di lembaga formal saja. Namun dapat pula dilakukan dengan membaca dan memahami kejadian di lingkungan sekitar. Buku yang demikian juga diperlukan sebagai media pembelajaran pendidikan Islam. Fokus kajian dalam skripsi ini yaitu: (1) Apa Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Buku Sejuta Pelangi; Pernik Cinta Oki Setiana Dewi yang diinternalisasi dalam kehidupan sehari-hari.? (2) Bagaimana Nilai-Nilai Pendidikan Islam diinternalisasi dalam kehidupan sehari-hari.? Tujuan penelitian dalam skripsi ini ialah ingin mendeskripsikan, (1) NilaiNilai Pendidikan Islam dalam Buku Sejuta Pelangi; Pernik Cinta Oki Setiana Dewi yang diinternalisasi dalam kehidupan sehari-hari, (2) Nilai-Nilai Pendidikan Islam diinternalisasi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data yang diinginkan, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan analisis isi (content analysis), dan validitas datanya menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1). Nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam buku Sejuta Pelangi yaitu: Akidah. yang terdiri dari (a) Iman kepada Allah, (b) Iman kepada kitab-kitab Allah, (c) Iman kepada Rasul Allah. Akhlak, yang terdiri dari (a) akhlak kepada Allah (b) akhlak kepada orang tua (c) akhlak kepada saudara. Syariah, yang terdiri dari (a) menuntut ilmu (b) melaksanakan shalat (c) beramal shaleh. 2). Internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam kehidupan sehari-hari dalam Buku Sejuta Pelangi dilakukan dengan (a) keteladanan, (b) menumbuhkan sikap optimis, dan (c) melakukan sesuatu secara sungguh-sungguh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:53
Last Modified: 27 Mar 2023 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21014

Actions (login required)

View Item View Item